Bandara Purbalingga Manjakan Penumpang Dengan Aplikasi Travelin

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 16/Agu/2023 16:04 WIB
Penumpang menunjukkan Aplikasi Travelin di Bandara Jenderal Besar Soedirman. Penumpang menunjukkan Aplikasi Travelin di Bandara Jenderal Besar Soedirman.

PURBALINGGA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura II terus mengembangkan pelayanan di seluruh bandara yang ada, termasuk Bandara Jenderal Besar Soedirman dengan mengembangkan aplikasi untuk mempermudah para pelaku perjalanan mengakses berbagai layanan dan objek wisata di sekitar Purbalingga, Jawa Tengah.

Executive General Manager Bandara Jenderal Besar Soedirman Harry Glenardie mengatakan Angkasa Pura mengembangkan aplikasi bernama Travelin guna memberikan pengalaman terbaik dalam melakukan perjalanan udara bagi pelaku perjalanan.

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

"Aplikasi Travelin ini inovasi yang kami hadirkan untuk memudahkan pengguna jasa mengakses berbagai fitur di dalamnya. Khususnya bagi yang mau berwisata, ada pilihan lengkap untuk bisa menuju tempat yang inginkan," kata Glen, sapaan akrabnya, Rabu (16/8/2023).

"Aplikasi Travelin dilengkapi dengan berbagai fitur yang bermanfaat bagi pengguna, Travelin ini sudah dapat diunduh di IOS dan Android," ujar Glen.

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Menurutnya, aplikasi Travelin ini mendukung penerapan digitalisasi pada aspek pelayanan, terdapat berbagai fitur yang dapat memudahkan pengguna mendapatkan informasi sehingga mudah bepergian. 

"Di halaman beranda pengguna dapat memilih Bandara Jenderal Besar Soedirman di kiri atas. Setelah itu, fitur informasi dan layanan kemudian mengikuti dengan apa yang ada di Bandara Jenderal Besar Soedirman. Lalu pengguna dapat memilih ingin mendapatkan informasi atau layanan pada Before You Fly (sebelum melakukan penerbangan) atau While You Are Here (saat berada di bandara)," kata dia.

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Dijelaskan pada Before You Fly, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan E-check in, Transportation (transportasi publik), Shop & Dine, E-Commerce, Premium Services, e-Reading dan eSIM. 

Lalu pada fitur E-check in, pengguna dapat melakukan check in keberangkatan penerbangan melalui aplikasi Travelin. Pada fitur Shop & Dine, pengguna bisa mengetahui seluruh tenant yang ada di bandara. 

Kemudian pada fitur Premium Services, pengguna bisa mendapatkan layanan premium seperti misalnya layanan Concierge Express dan Car Rental di bandara.

Kemudian pada While You Are Here, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan: Tourism, Wi-Fi, Emergency, News, Link Aja, Airportainment, Hotels dan Premium Services. 

"Dalam fitur Tourism, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi terkait destinasi wisata yang terdapat di kota di mana bandara berada. Kemudian pada fitur Wi-Fi, pengguna bisa mendapatkan informasi untuk terkoneksi dengan Wi-Fi di bandara. Kemudian pada fitur Emergency, pengguna bisa langsung terhubung dengan personel di bandara saat membutuhkan bantuan," jelasnya. 

Tidak hanya itu, harry glenardie juga mengatakan aplikasi Travelin juga memiliki fitur Business Opportunity yang menyediakan informasi mengenai komersial dan peluang usaha di bandara. 

Aplikasi Travelin juga menyediakan informasi penerbangan secara real time.

“Informasi penerbangan di Travelin ini terkoneksi dengan Flight Information Display System (FIDS) di Bandara jenderal besar soedirman, sehingga bisa menjadi rujukan pengguna untuk mengetahui jadwal penerbangan,” jelas Harry Glenardie.  

Di aplikasi Travelin, pengguna juga dapat membuat Airport ID untuk mendapatkan beragam layanan berbasis teknologi seperti Travelin Pass. 

Layanan Travelin Pass memungkinkan pengguna dapat memproses keberangkatan penerbangan dengan teknologi pengenalan wajah (biometric face recognition).

Dalam hal ini Bandara Jenderal Besar Soedirman masih dalam tahap pengembangan untuk kedepannya sarana dan prasarana pendukung, akan dilengkapi sesuai kebutuhan pengguna jasa.(fhm)