Penjualan Kartu Tiket KRL Meningkat Naik 7 Persen

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 19/Agu/2023 07:37 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter mencatat pertumbuhan penjualanan Kartu Multi Trip (KMT) atau Tiket KRL selama 2023 ini sebesar 7 persen. KMT merupakan uang elektronik dengan sistem saldo yang diterbitkan KAI Commuter dan bertujuan untuk memberikan kemudahan transaksi pembayaran tiket commuter line.

Adapun total penjualan KMT pada 2023 sebanyak 1.985.853 unit kartu, jika dirata-rata 283.693 keping kartu per bulan yang terjual.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Jumat 3 Mei 2024, Tarif Promo Berlaku di Jam Ini!

“Sedangkan rata-rata penjualan KMT pada hari libur atau akhir pekan sebanyak 14.248 unit kartu. Atau lebih banyak 118 persen jika dibanding dengan rata-rata penjualan pada hari kerja yaitu 6.527 unit,” ujar Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pada Jumat (18/8/2023).

Menurut Anne, hal itu disebabkan karena hari libur atau akhir pekan pengguna Commuter Line didominasi dengan pengguna musiman. Terpantau saat musim libur Lebaran 2023 kemarin rata-rata penjulanan KMT sebanyak 21.896 pcs.

Baca Juga:
Jumlah Penumpang LRT Jabodebek Meningkat Tiap Bulan, KAI: Semakin Diminati Masyarakat

Di sepanjang tahun 2023 ini hingga 31 Juli kemarin, jumlah transaksi KMT diangka 94.079.351 transaksi atau 58 persen dari total transaksi pembelian tiket Commuter Line. Sedangkan untuk jumlah pengguna Kartu Bank lainnya sebesar 36 persen dan pembayaran dengan QR Code sebesar 5 persen.

“Ke depannya, kami akan terus berkolaborasi dan berinovasi untuk menciptakan ekosistem non tunai yang lebih massive,” ucap Anne. “Salah satunya dengan perjalanan first mile dan last mile by Gojek yang memberi kemudahan kepada masyakarat dalam bertransportasi menggunakan Commuter Line ataupun transportasi lanjutan lainnya.”

Baca Juga:
Antisipasi Kemacetan di Gambir, 12 KA Keberangkatan Stasiun Diberhentikan di Stasiun Jatinegara Kamis Sore hingga Malam

KCI juga menghadirkan KMT edisi khusus HUT RI ke-78. KMT dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” ini terdiri dari dua desain dengan warna dasar Merah dan Putih dengan dibubuhi logo resmi HUT RI ke-78 dengan warna Merah dan Putih juga.

"Masyarakat bisa membeli KMT dengan harga 40 ribu rupiah yang sudah termasuk saldo 10 ribu rupiah diseluruh stasiun-stasiun Commuter Line di wilayah Jabodetabek. KMT ini tersedia terbatas sekitar 1.000-2.000," tutur Anne.

Selain itu, KMT juga sudah dapat digunakan untuk pembayaran parkir di stasiun-stasiun commuter line, Transportasi lain seperti MRT Jakarta, TransJakarta, LRT, TransYogya, TransJateng dan dalam waktu dekat akan dapat digunakan di TransJatim.(fhm)