Di Hadapan Lulusan Poltrada Bali, Kepala BPSDMP Sampaikan Peran Penting Perwira Transportasi Darat

  • Oleh : Naomy

Senin, 28/Agu/2023 13:58 WIB
Kepala BPSDM bersama lulusan Poltrada Bali Kepala BPSDM bersama lulusan Poltrada Bali

BALI (BeritaTrans.com) - Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali, Perguruan tinggi Kementerian Perhubungan di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) gelar wisuda perdana Perwira Transportasi Darat di Kampus Poltrada Bali, Senin (28/8/2023).

Kepala BPSDMP Djoko Sasono sebagai Inspektur Upacara wisuda tersebut memberi semangat serta pesan kepada para perwira transportasi darat mengenai peran pentingnya dalam sektor transportasi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Indonesia emas 2045 adalah visi untuk menjadikan indonesia sebagai negara maju, yang akan menandai 100 tahun kemerdekaan Indonesia. 

"Dalam
mencapai visi tersebut, sektor transportasi darat memiliki peran yang sangat penting karena transportasi adalah tulang punggung perekonomian dan pembangunan suatu Negara," urainya.

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

Dia menyampaikan, peran SDM merupakan penggerak, pemikir serta perencana dalam mencapai tujuan guna menghadapi tantangan yang ada. 

“Sesuai dengan tema pada wisuda ini yaitu Mewujudkan SDM Transportasi Darat yang unggul Menuju Indonesia Emas 2045, maka para perwira yang dilantik diharapkan dapat menjadi perwira yang andal dan maju, dengan terus menerus menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu bersaing di kancah Internasional", tutur dia.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Djoko optimistis dan percaya bahwa Indonesia bisa terus tumbuh menjadi negara yang maju, karena saat pertumbuhan ekonomi Indonesia telah mencapai 5,7%. Namun untuk menjadi negara maju, pertumbuhan ekonomi harus tumbuh 7%.

Dia menyampaikan kepada para lulusan sebagai perwira transportasi darat memiliki tanggung jawab yang besar. 

“Karena sektor transportasi menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi. Di sanalah peran kalian untuk menekan kecelakaan dan menjalin konektivitas antarpulau serta mampu mewujudkan aksesibilitas ke seluruh wilayah Tanah Air Indonesia guna mewujudkan pemerataan ekonomi yang berkeadilan,” ucapnya.

Direktur Poltrada Bali, Efendhi Prih Raharjo melaporkan bahwa sebanyak 72 lulusan pada wisuda perdana ini terdiri dari 24 taruna Program Studi D-III Teknologi Otomotif.

Adapun wisudawan terbaik atas nama Ni Wayan Widi Ayu Ariani meraih IPK 3,83. Selanjutnya, 24 taruna dari Program Studi D-III Manajemen Logistik, dengan wisudawan terbaik atas nama Ida Ayu Putu Rahayu Indayanti meraih IPK 3,79. Terakhir, terdapat 24 taruna dari Program Studi D-III Manajemen Transportasi Jalan, dengan wisudawan terbaik atas nama Ni Made Nanda Pradnya Dewi yang meraih IPK 3,79.

“Seluruh wisudawan merupakan bagian dari Taruna Program Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan yang telah berhasil membuktikan kemampuan dan kompetensi mereka di bidangnya," ujarnya. (omy)