Beri Kemudahan Pendaftaran Diklat BP3IP Jakarta, BPSDMP Buka Loket Mobile di Batam

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 16/Sep/2023 06:44 WIB
Gerai B`Lemon BP3IP Jakarta di Batam Gerai B`Lemon BP3IP Jakarta di Batam

BATAM (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) beri kemudahan dan aksesibilitas pelayanan pendidikan bagi para pelaut dalam hal kemudahan akses pelayanan administrasi diklat dan peningkatan pelayanan.

Melalui Balai Besar Pendidikan, Penyegaran, dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta, diselenggarakan inovasi BP3IP loket mobile on-site (B-lemon) di Kota Batam.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

B-lemon diselenggarakan selama lima hari,11 s.d. 15 September 2023 di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam.

Kegiatan ini, ditinjau langsung oleh Kepala BPSDMP, Djoko Sasono, Jumat. (15/9/2023).

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

"Memajuan industri tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, di mana hal ini dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan, peningkatan mutu serta inovasi pelayanan," urai Djoko. 

Untuknya, diharapkan Program BP3IP B’Lemon ini mampu menjawab tantangan para Pelaut selama ini, sehingga mampu menciptakan kolaborasi dengan baik.

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

Pada kesempatan yang sama, Direktur BP3IP Jakarta, M. Murdiyanto menjelaskan, Pelayanan BP3IP  B-lemon untuk para pelaut meliputi Renewal Sertifikat Diklat Keterampilan, Revalidasi Endorsment Sertifikat Keahlian Pelaut (COE), Pendaftaran Diklat Keterampilan, Pendaftaran Diklat Peningkatan, dan Pendaftaran Diklat Pemutakhiran.

Pelayanan mobile renewal onsite BP3IP Jakarta telah dilaksanakan di beberapa kota. Pada tahun 2023 telah dilaksanakan di Cirebon, Juwana, Merak, Balikpapan, Semarang, Cilacap, Banjarmasin, dan Batam, serta Kepulauan Riau.

"Sampai dengan Juli 2023, total sertifikat yang diproses sebanyak 4.683," ujarnya. (omy)