BPSDMP Gelar Company Priority Award 2023, Beri Apresiasi Link And Match Perguruan Tinggi dan Industri

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 20/Okt/2023 06:34 WIB
Pemberian penghargaan dari BPSDMP. Kepada perusahaan Pemberian penghargaan dari BPSDMP. Kepada perusahaan


JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Memberikan apresiasi kepada perusahaan pelayaran/stakeholder yang telah bekerjasama dengan perguruan tingggi di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan (BPSDMP) dalam pelaksanaan praktik lapangan taruna/i, BPSDMP melalui Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang gelar Company Priority Award Tahun 2023 di Jakarta, Kamis (19/10/2023).
 
"Ini merupakan penghargaan kepada perusahaan pelayaran/ stakeholder yang telah memberikan kesempatan untuk taruna/i melaksanakan praktek laut maupun praktek darat yang merupakan kewajiban bagi taruna/i dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan pada semester 5 dan 6," jelas . Plt. Kepala BPSDMP, Capt. Wisnu Handoko. 

Dia mengatakan, perlunya harmonisasi, sinergitas dan kolaborasi antara dunia pendidikan dengan seluruh stakeholder untuk mempersiapkan persaingan global, tidak hanya dalam ranah SDM kepelautan namun juga fokus terhadap kualifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).
  
"Saat ini kita mempunyai tugas dalam pemenuhan kualifikasi SKKNI dan mengharmonisasikannya keseluruh stakeholder, untuk itu saya mendorong PIP Semarang harus fokus terhadap pemenuhan kualifikasi dan kompetensi seluruh lulusannya," ungkapnya.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Natuna

 
Menurutnya, untuk menghadapi tantangan ke depan, selain memikirkan diklat pembentukan, pada saat yang bersamaan juga harus berfikir untuk mengembangkan skema-skema diklat-diklat lain yang dibutuhkan industri.
  
"Ke depannya kita dituntut untuk mempunyai smart class dengan menghadirkan virtuality dalam kegiatan belajar mengajar dan untuk melengkapi apa yang menjadi tantangan, jalin kerja sama dengan regulator dan profesional dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris, attitude dan culture untuk menjaga kualitas mutu agar persaingan global secara dinamis bisa kita siapkan," imbuh Capt. Wisnu. 

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh perusahan yang telah menjalin kerja sama dengan PIP Semarang dan mengajak semua pihak meningkatkan link and match guna memajukan industri maritim Indonesia.

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

"Untuk itu, kita harus bekerja keras agar kita dapat mencetak SDM yang unggul dan berprestasi," tutup Wisnu.
  
Pada kesempatan yang sama, Plt. Direktur PIP Semarang, Capt. Samuel Palembangan mengungkapkan bahwa PIP Semarang tumbuh besar dan berkembang seperti saat ini tidak terlepas dari peran perusahaan pelayaran di Indonesia. 

"Oleh karena itu, dengan adanya Company Priority Award ini diharapkan hubungan kami dengan perusahaan pelayaran semakin harmonis, semakin rekat yang tentunya bersama-sama dalam upaya meningkatkan kualitas pelaut di Indonesia," ucapnya.
  
Company Priority Award Tahun 2023 turut dihadiri oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Dr. Hartanto dan sebagai wujud penghargaan pada perusahaan pelayaran/stakeholder telah dilaksanakan juga penyerahan piagam apresiasi dengan kategori: 

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

- Best requitment "praktek laut" - PT Jasindo Duta Segara 

- Best requitment "praktek darat" - PT Pertamina Interntational Shipping 

- First Cadet on board - PT Amas samudra jaya 

- Best scholarship - PT Citra Wira Tirta. (omy)