Penumpang Kereta Cepat Whoosh Capai 23 Ribu pada Akhir Pekan, KCIC: Okupansi Capai 90 Persen

  • Oleh : Fahmi

Senin, 23/Okt/2023 12:46 WIB
Suasana di Stasiun Kereta Whoosh. (Foto:KCIC) Suasana di Stasiun Kereta Whoosh. (Foto:KCIC)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kereta Cepat Whoosh menjadi favorit masyarakat pada periode akhir pekan Sabtu dan Ahad 21-22 Oktober 2023. Jumlah penumpang yang dilayani pada kedua hari tersebut sebanyak 23.439 penumpang dengan rata-rata okupansi mencapai 90% dari keseluruhan tempat duduk yang disediakan. 

Besarnya jumlah tersebut penumpang tersebut didasari beberapa faktor seperti, adanya peningkatan masyarakat yang ingin berlibur, pulang ke daerah asal, bekerja, maupun untuk kepentingan lainnya di akhir pekan. 

Baca Juga:
KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa merinci jumlah penumpang terdiri dari 11.330 penumpang di 21 Oktober 2023 dengan okupansi 90% dan 12.109 penumpang di 22 Oktober 2023 dengan okupansi 92%. 

KCIC pun berterima kasih kepada masyarakat yang telah memilih Kereta Cepat Whoosh untuk melakukan perjalanan Jakarta-Bandung pp di akhir pekan ini. 

Baca Juga:
Kecepatan Whoosh Dibatasi Gegara Hujan Lebat, Perjalanan Terlambat

Eva menjabarkan sebagian besar penumpang yang melakukan perjalanan dengan Whoosh di akhir pekan bertujuan untuk berlibur di Bandung atau berbelanja di Jakarta. 

Dengan singkatnya waktu perjalanan, banyak penumpang yang sengaja melakukan perjalanan pergi pulang dalam satu hari yang sama tanpa perlu menginap di kota tujuan. 

Baca Juga:
Whoosh Angkut Lebih dari 200 Ribu Penumpang di Angkutan Lebaran Perdana 2024

Selain untuk berwisata, ada juga penumpang yang bepergian untuk kepentingan bisnis, bekerja, sekolah, dan mengunjungi keluarga. 

“Tujuan perjalanan penumpang pada akhir pekan ini didominasi oleh wisatawan dan pebisnis. Kami senang karena Whoosh bisa jadi moda transportasi yang mampu mengakomodir kebutuhan perjalanan masyarakat dengan baik. Hal ini tentu menambah semangat Kami untuk terus mengembangkan kualitas pelayanan agar kedepannya masyarakat selalu mendapatkan yang terbaik dari kami,” ucapnya. 

Eva mengatakan, ada beberapa hal yang terus sosialisasikan kepada penumpang diantaranya terkait datang lebih awal ke stasiun karena gate ditutup 5 menit sebelum jadwal keberangkatan, duduk sesuai nomor kereta dan nomor kursi, persiapkan tiket fisik maupun QR saat akan boarding, serta jaga selalu kebersihan selama berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan. 

“Dengan tingginya angka penumpang Whoosh di akhir pekan ini, Eva pun semakin yakin jika kehadiran Whoosh dapat berdampak positif bagi wilayah-wilayah di sekitar Jakarta-Bandung seperti bertambahnya angka wisatawan dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi. Kami optimis bahwa Whoosh dapat membawa banyak dampak positif di masyarakat. Tak hanya bagi para penumpang yang kini bisa melakukan mobilitas yang lebih efektif, tapi juga bagi wilayah-wilayah yang didatanginya,” tutup Eva. (Fhm)