Tim Airport Security Bandara Ngurah Rai Bali Juara Kompetisi RASCO 2023

  • Oleh : Naomy

Rabu, 25/Okt/2023 11:00 WIB
Pemenang RASCO 2023 Pemenang RASCO 2023

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tim Airport Security dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil keluar sebagai juara dalam kegiatan Regional Airport Security Scale Up Competition (RASCO) 2023.

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 35,3 Juta Pergerakan Penumpang Selama Triwulan I

Tim tersebut berhasil mengalahkan perwakilan dari Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dalam babak Final Stage.

Tim Airport Security Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang berhasil memenangi kompetisi RASCO 2023 diwakili oleh Gede Eka Sanjaya, Ni Wayan Sukarmiasih, dan Ni Komang Diah K.

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

RASCO adalah ajang kompetisi yang digelar untuk menguji kompetensi, pengetahuan, dan pemahaman personel Airport Security di lingkungan bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (AP1) mengenai regulasi nasional dan internasional terkait keamanan penerbangan dan bandara.

Sebelum memasuki babak Final Stage, sebelumnya telah dilaksanakan babak Play-Off Stage secara online pada 4 Oktober yang diikuti tim Airport Security dari 15 bandara AP1 untuk menentukan delapan tim terbaik yang melaju ke babak Semifinal. 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Babak Semifinal digelar pada 11 Oktober secara online untuk menentukan 3 tim terbaik yang bertanding di Final Stage.

"Personel Airport Security memegang peranan penting sebagai garda terdepan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan di bandara. Pelaksanaan kegiatan RASCO ini dimaksudkan agar para personel Airport Security di lingkungan AP1 terus mengembangkan kompetensi mengenai aspek keamanan penerbangan. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Program Transformasi Perusahaan, khususnya pilar Organization and Culture," jelas Direktur Operasi AP1 MMA Indah Preastuty di Jakarta, Rabu (25/10/2023). 

Indah menyampaikan, saat ini tujuh bandara AP1 telah memeroleh sertifikasi "Excellent" pada Airport Excellence (APEX) in Security dari organisasi kebandarudaraan dunia Airport Council International (ACI). 

"Secara framework, standar keamanan bandara yang kami terapkan di 15 bandara telah sesuai dengan standar parameter yang ditetapkan dalam ICAO Annex dan ICAO Document," katanya. 

Dalam kaitannya, kompetisi ini ditujukan untuk menyelaraskan pemahaman personel Airport Security terhadap regulasi dan standar keamanan yang berlaku secara global. 

Selain melibatkan dewan juri dari internal AP1, pelaksanaan RASCO 2023 juga melibatkan dewan juri dari stakeholder terkait, yaitu dari Direktorat Keamanan Penerbangan dan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug. 

AP1 juga turut melibatkan panelis dari komunitas aviasi internasional, yaitu Julie Lewis selaku First Secretary (Transport) Cyber and Infrastructure Security Group dari Department of Home Affairs Kedutaan Besar Australia, serta Gary Leung selaku Manager Security and Facilitation dari Airport Council International (ACI) untuk regional Asia, Pasifik, dan Timur Tengah.

"Saya mengucapkan selamat kepada tim Airport Security Bandara Ngurah Rai Bali yang telah berhasil keluar sebagai juara RASCO 2023. Saya berharap capaian ini dapat memotivasi setiap personel Airport Security di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali khususnya, serta seluruh personel Airport Security di 15 bandara AP1 untuk terus mengasah kemampuan, sehingga dapat melaksanakan tugasnya dalam memastikan terciptanya operasional penerbangan yang aman, nyaman, dan selamat," tutup Indah. (omy)