Selama 6 Hari, KPLP Tingkatkan Kemampuan Hadapi Insiden Keamanan Maritim dalam Kegiatan MSDE di Australia

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 27/Okt/2023 14:06 WIB
Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok, Triono, saat ikuti MSDE di Sydney, Australia / foto:istimewa/pplppriok Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok, Triono, saat ikuti MSDE di Sydney, Australia / foto:istimewa/pplppriok

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) Sydney 2023 telah sukses dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2023 di Sydney, Australia, yang di ikuti oleh  Kepala Pangkalan  Penjagaan Laut Dan Pantai Kelas I Tanjung Priok, Triono, S.Pel, M.M.

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

MSDE Sydney 2023 merupakan latihan rutin koordinasi dan tanggap darurat krisis keamanan maritim yang melibatkan instansi pemerintah terkait dan mitra industri Maritime.

Latihan ini mensimulasikan skenario terjadinya kecelakaan kapal tanker di perairan Pelabuhan Sydney yang menyebabkan tumpahan minyak (oil spill) di area vital. Tujuannya adalah untuk menguji dan mengevaluasi kesiapan, rencana kontijensi, dan prosedur tanggap darurat dari berbagai instansi. dengan agenda Latihan Seperti :

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Perak Kerahkan KN Chundamani P.116 Bantu Pemudik Gratis Pelabuhan Celukan Bawang ke Pulau Raas


a. Efforts in Enchaning Maritime Security.
b. Civil Maritme Security Threats Brief.
c. Regional Maritime Security 
d. UNCLOS 1982.
e. Exclusive Economic Zone And Hot Pursuit.
f. Piracy and SAR.
g. Maritime Security Desktop.

 

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Kegiatan diikuti oleh 46 peserta dari instansi penegak hukum di laut dari negara ; Australia, Indonesia, Singapura, Filipina, Malaysia, Laos, Vietnam, India, Pakistam, Bangladesh, Turki, Bahrain, Jepang, Amerika Serikat, Papua Nugini dan Timor Leste. 

MSDE Sydney 2023 sukses meningkatkan koordinasi antar instansi dalam menangani skenario krisis simulasi. Berbagai pembelajaran yang didapatkan akan menjadi masukan berharga untuk penyempurnaan prosedur operasi standar dan rencana kontijensi keamanan maritim ke depannya, dalam keterangan tertulis, Jumat (27/10/2023).

Kepala Pangkalan Penjagaan Laut Dan Pantai Kelas I Priok, Triono, mengapresiasi komitmen seluruh pihak dalam  MSDE Sydney 2023 sukses guna meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman keamanan maritim. Latihan rutin seperti ini penting untuk memastikan maritim Nasional dan Internasional aman dan terlindungi.(ahmad)