BPSDMP Siap Dukung Pengembangan SDM Transportasi di Blora

  • Oleh : Naomy

Kamis, 16/Nov/2023 22:01 WIB
Kerja sama BPSDMP dan Pemkab Blora Kerja sama BPSDMP dan Pemkab Blora


BLORA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) siap mendukung pengembangan SDM Transportasi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPSDMP, Capt. Wisnu Handoko menyampaikannya di sela-sela Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR ke Kabupaten Blora provinsi, Kamis. (16/11/2023)

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Bentuk dukungannya yakni melalui penyelenggaraan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) bagi masyarakat di kabupaten Blora dengan mengerahkan Sekolah-sekolah Transportasi.

Dia juga menambahkan bahwa DPM merupakan program pemerintah sebagai tindak lanjut dari visi pemerintah Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, sehingga dapat mewujudkan kemandirian ekonomi.

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

“Kita mengadakan DPM peserta dari SMK Migas Cepu mereka akan mengikuti tiga jenis diklat yaitu Basic Safety Training, Advance Fire Fighter, dan Diklat Keamanan. Selanjutnya kami juga merencanakan di 6 Desember, kami akan melaksanakan DPM untuk berlalulintas, kemudian 9 Desember DPM untuk Basic Cargo dan Basic Airlines Ground Staff, dan kemudian pada 11 Desember kita akan mengadakan diklat untuk operator ekskavator dan forklift, ini dalam rangka dukungan Kemenhub khususnya yang mempunyai Tusi Pengembangan SDM dan penyiapan SDM Transportasi yaitu BPSDM Perhubungan,” jabarnya. 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Melalui penyelenggaraan DPM pada sektor transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian, diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi, kompetensi SDM di bidang transportasi dan kualitas pelayanan publik pada sektor transportasi di Kabupaten Blora.

Capt. Wisnu menyatakan BPSDMP siap mengadakan MoU di bidang pengembangan SDM dan pemberdayaan masyarakat khususnya Blora dan sekitarnya. 

Serta BPSDMP juga siap apabila Pemerintah Kabupaten Blora menghendaki pembangunan Sekolah Transportasi Terpadu untuk mendukung infrastruktur Transportasi di wilayah Kabupaten Blora.

“BPSDMP pada prinsipnya siap mendukung pengembangan SDM khusunya di Kabupaten Blora dan sekitarnya, untuk itu kami tidak tanggung tanggung mengerahkan semua kepala sekolah Politeknik matra darat, laut, udara dan kereta api untuk bersama sama nanti kami dengan Bupati Blora mengadakan MoU di dalam pengembangan SDM dan pemberdayaan masyarakat khususnya Blora dan sekitarnya, karena Blora cukup lengkap, punya bandara, kereta api, terminal, sementara nanti lautnya kita disupport oleh lasem rembang dan juwana pati," ujarnya. 

Pada prinsipnya, BPSDMP siap bila Bupati Blora menghendaki adanya suatu kampus terpadu di sini.

"Kita akan support, yang penting semua stakeholder dapat memanfaatkan fasilitas yang dibangun Kemenhub secara optimal,” tutur Capt. Wisnu.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penandatangan kesepakatan bersama antar Plt. Kepala BPSDMP dengan Bupati Blora yang disaksikan oleh Komisi V DPR sebagai tindak lanjut perjanjian kerja sama antara Sekolah Transportasi matra darat, laut, udara, dan perkeretaapian (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, Politeknik Penerbangan Surabaya, Politeknik Pelayaran Surabaya, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, dan Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi). 

Selain itu API Banyuwangi juga melaksanakan demo dalam bentuk Joy Flight dalam rangka sertifikasi Satelite Base API Banyuwangi pada Bandara Ngloram. 

Kegiatan pada kesempatan ini diakhiri dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Poltekbang Surabaya dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora, tentang pendidikan dan pelatihan pemberdayaan masyarakat tenaga kerja Kabupaten Blora di bidang penerbangan yaitu Diklat Air Conditioning System (ACS), Basic Air Cargo, dan Basic Airline Ground Staff. (omy)