KSOP Bitung Siap Jalankan Posko Check Point Angkutan Laut Nataru

  • Oleh : Naomy

Minggu, 17/Des/2023 13:23 WIB
Persiapan Posko Check Point Persiapan Posko Check Point


BITUNG (BeritaTrans.com) - Kantor KSOP Kelas I Bitung Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan siap jalankan Posko Check Point Angkutan Laut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) dengan membentuk Tim Pos Koordinasi. 

Kepala KSOP Kelas I Bitung Samsuddin menyampaikan, Posko itu akan dimulai 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024 di area Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara. 

Baca Juga:
Penutupan Angkutan Laut Nataru 2023, Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok: Selama Gelaran, Waspam Berjalan dengan Baik

Akan ada Apel Pelaksanaan Posko Nataru secara serentak yang dipimpin Dirjen Perhubungan Laut - Kementerian Perhubungan pada esok hari yang dipusatkan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. 

"Kita Kolaborasi dan berkoordinasi serta melibatkan unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Dinas, Instansi Pemerintahan, Kementerian/ Lembaga di Wil. Kerja KSOP Kelas 1 Bitung serta Masyarakat," tutur Samsuddin, Ahad (17/12/2023). 

Baca Juga:
Monitoring Jelang Angkutan Arus Balik Libur Nataru di Pelabuhan Bitung

Dalam rangkaian pelaksanaan Posko Check Point, dilakukan tugas
Pemantauan,  pengendalian, pengawasan keselamatan dan pengamanan terhadap lalu lintas
penumpang beserta barang bawaannya. 

"Kami menyiapkan langkah - langkah antisipasi dan yang perlu atas suatu masalah yang mungkin timbul di
lapangan dan harus dilakukan penanganan," ungkapnya. 

Baca Juga:
Libur Nataru, Penumpang di Pelabuhan Bitung Meningkat

Diharapkan seluruh instansi yang masuk dalam kegiatan Posko Angkutan
Laut Nataru untuk memasukan daftar penjaga posko
dan daftar jaga pos pada unit pelaksana lapangan.

Dalam pelaksanaan pokso, petugas jaga bertanggung jawab dan melaksnakan Amanah atas apa yang terjadi selama menjalankan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran dalam masa tugas serta melaporkan kepada Ketua Posko, hal ini Kepala KSOP Bitung. 

"Kita berharap pelaksanaan angkutan laut Nataru di wilayah KSOP Bitung berjalan selamat, aman, lancar, tertib, dan aman," ujar Samsuddin. 

Dalam pelaksaan Posko Check Point ini melibatkan Stakholder seperti Pemerintah Daerah, KKP (Kesehatan Pelabuhan), BMKG, BASARNAS, PT Pelni Cabang Bitung, PT Pelindo Indonesia Cabang Bitung, Dinas Perhubungan Bitung,  TNI - POLRI,  Instansi terkait, Mitra Kerja dan Masyarakat Wil. Kerja KSOP Kelas 1 Bitung. (omy)