BHC Banjir Pengunjung, 9.676 Kendaraan Padati Kawasan Siger Park

  • Oleh : Naomy

Minggu, 31/Des/2023 05:50 WIB
Kawasan Siger Park, BHC Kawasan Siger Park, BHC

BAKAUHENI (BeritaTrans.com) - Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC) di Lampung Selatan banjir pengunjung selama periode Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang juga dibarengi liburan sekolah. 

Khususnya di area Siger Park, dikunjungi sekitar 9.676 unit kendaraan pada periode Ahad (24/12) hingga Jumat (29/12).

Baca Juga:
Inovasi ASDP, Wujudkan Impian Wisata Baru Tepi Laut Berkelas Dunia

Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Harry Mac menyampaikan tingginya animo kunjungan masyarakat ke kawasan BHC, yang menyediakan sejumlah spot wisata yang atraktif.  

"Selama sepekan pada Libur Natal dan akhir tahun, masyarakat banyak yang berlibur lewat jalur darat dan menyeberang dengan kapal ferry, termasuk di lintasan padat Merak - Bakauheni. Ketika tiba di Bakauheni, masyarakat pun banyak yang "tertarik" untuk mampir dan menikmati atraksi dan hiburan yang disediakan di Kawasan BHC," tuturnya, Sabtu (30/12/2023).

Baca Juga:
Bangun Destinasi Wisata Baru Bakauheni Harbour City, ASDP Diapresiasi Kemenparekraf

Padatnya kawasan BHC pada periode Libur Nataru ini menunjukkan masyarakat memberikan respon positif terhadap hadirnya wisata alternatif baru di Lampung Selatan ini, yang berhasil menyedot lebih dari 20.000 orang pengunjung, baik di Siger Park maupun Krakatau Park.

Menurutnya, sejak beberapa bulan lalu, pihaknya terus menggenjot akselerasi pembangunan dan pengembangan sejumlah proyek Kawasan BHC, sehingga dapat dimaksimalkan pengoperasiannya dalam mendukung layanan Angkutan Nataru. 

Baca Juga:
Mantap, di Momen Lebaran, 30.625 Pengunjung Padati Kawasan Bakauheni Harbour City

"Dari segi fasilitas dan infrastruktur, saat ini tengah digarap pekerjaan jalan penghubung antara Siger Park dan Krakatau park yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan dan diperkirakan akan selesai pertengahan tahun depan," ungkapnya. 

Selain itu, pembangunan Museum Siger juga akan dimulai pada tahun 2024.

Tercatat, total pengunjung Krakatau Park mencapai 10.200 orang dalam periode Nataru 2023/2024 ini.

"Puncak pengunjung Krakatau Park pada Minggu (24/12) sebanyak 3.800 orang dan di Siger Park pada Senin (25/12) mencapai 2.260 unit kendaraan. Diperkirakan jelang malam akhir tahun besok akan kembali meningkat," kata dia.

Menyambut malam pergantian tahun 2024, Kawasan BHC juga akan menggelar Pesta Akhir Tahun di Siger Park Bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Lampung, ASDP menggelar rangkaian pesta akhir tahun mulai Sabtu (23/12/2023) hingga Senin (1/1/2024).

Acara ini dapat menjadi alternatif tujuan wisata libur akhir tahun bagi masyarakat sekitar pelabuhan ataupun yang sedang menunggu jadwal keberangkatan kapal. 

Telah disediakan 24 UMKM di Siger Market Mandiri yang menjual berbagai hidangan dan minuman khas Lampung.

Pada Sabtu (30/12) juga akan digelar kegiatan Karaoke Massal, Pagelaran Budaya, dan dihibur dengan penampilan dari NTR Ambyar dan Coco Entertainment. 

Kemudian, rangkaian acara pada Minggu (31/12) akan diisi dengan Garuntang Gank, Majelis berkaraoke, Popo D'Academy Indosiar, dan akan ditutup dengan pesta kembang api dan laser show di Selasar Siger BTN.

"Kami berharap Kawasan BHC ini akan menjadi objek wisata masyarakat Lampung dan juga sebagai tempat persinggahan bagi pengguna jasa yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni," ujar Harry. (omy)