5 Penerbangan Wings di Bandara Frans Seda Tertunda, Dampak Erupsi Gunung Lewotobi

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 02/Janu/2024 16:10 WIB
Pesawat Wings Air Pesawat Wings Air

 

FLORES TIMUR (BeritaTrans.com) - Bandara Frans Seda, Maumere, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) ditutup sementara dampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki. 

Baca Juga:
Ada Insiden Penembakan Pesawat Wings Air PK-WJT di Dekai

Lima penerbangan Wings Air dari maupun menuju bandara Frans Seda tertunda karena abu vulkanik.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro menyatakan, kelima penerbangan dari dan menuju Bandara Frans Seda ditunda sejak status Gunung Lewotobi Laki-laki naik dari waspada menjadi level siaga, Senin (1/1/2024). 

Baca Juga:
Bandara Maumere Kembali Dibuka Setelah Ditutup Dampak Erupsi Gunung Lewotobi

Bandara Frans Seda masih ditutup hingga Selasa (2/1/2024), pukul 11.35 Wita. 

"Wings Air telah menginformasikan kepada seluruh penumpang yang terdampak dan memberikan opsi untuk mengubah jadwal penerbangan menurut ketentuan yang berlaku," kata Danang melalui keterangan tertulis. 

Baca Juga:
Bandara Maumere Kembali ditutup Setelah Jumat Pagi Dibuka

Dia menjelaskan, penundaan sementara operasional penerbangan dari dan menuju Bandara Frans Seda tersebut berdasarkan pemberitahuan resmi otoritas penerbangan sipil. 

"Penundaan itu bertujuan untuk mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first) di tengah erupsi Gunung Lewotobi," katanya.

Wings Air, memberikan opsi untuk mengubah jadwal penerbangan berdasarkan ketentuan yang berlaku. 

Dia menerangkan, erupsi Gunung Lewotobi adalah peristiwa force majeure yang mengganggu operasional penerbangan Wings Air dari dan ke Maumere.

"Penundaan penerbangan ini disebabkan oleh keadaan force majeure, peristiwa yang tidak dapat diprediksi atau dicegah di luar kemampuan perusahaan, seperti bencana alam," ujarnya.

Danang berharap aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki segera membaik agar penerbangan dari maupun ke Maumere kembali normal. 

"Wings Air terus berkoordinasi dengan para pihak terkait untuk memantau perkembangan situasi dan memberikan informasi terbaru kepada para penumpang," pungkasnya.

Berikut daftar penerbangan Wings Air dari dan menuju Maumere akibat penutupan Bandara Frans Seda yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki:

1 Januari 2024

· Nomor penerbangan IW-1961 Labuan Bajo (LBJ) - Maumere (MOF)

· Nomor penerbangan IW-1960 Maumere (MOF) - Labuan Bajo (LBJ)

· Nomor penerbangan IW-1829 Kupang (KOE) - Maumere (MOF)

2 Januari 2024

· Nomor penerbangan IW-1829P Kupang (KOE) - Maumere (MOF)

· Nomor penerbangan IW-1828 Maumere (MOF) - Kupang (KOE). (soleh)