Mantap, Selama Libur Nataru, Pelindo Layani 1.584.961 Penumpang

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 05/Janu/2024 18:53 WIB
Suasana di Pelabuhan Pelindo Suasana di Pelabuhan Pelindo

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mantap, selama arus mudik dan arus balik libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru), PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berhasil berikan keamanan dan kenyamanan dengan meningkatkan berbagai layanan pelabuhan kepada 1.584.961 penumpang yang menggunakan jasa Pelindo.   

Di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (4/1) Yono, Pemudik asal Situbondo, mengatakan bahwa pelayanan di Pelabuhan sangat luar biasa baik.

Baca Juga:
Sukses Angkutan Laut Lebaran 2024, KSOP Utama Tanjung Priok Gelar Penutupan Bersama Stakeholder di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok

"Pelayanannya terasa sangat nyaman dengan fasilitas yang ada, seperti ruang tunggunya yang sangat luas, bersih dan memakai ac, toilet bersih dan informasi mengenai mudik juga selalu di update sehingga kami mudah untuk mengetahui informasi baru," ungkapnya. 

"Saya sangat menikmati mudik tahun ini, meskipun ramai pemudik. Suasana pelabuhan tetap kondusif, nyaman sekali, fasilitasnya bagus-bagus, bersih, saya juga merasa aman karena banyak petugas keamanan yang berjaga dan mereka sangat ramah." 

Baca Juga:
H+12 Lebaran 2024, Pelindo Regional 4 Catat 667.012 Penumpang Naik dan Turun di Pelabuhan Timur Indonesia

Hal senada disampaikan oleh salah satu penumpang di Pelabuhan Ambon. 

“Saya sangat mengapresiasi fasilitas yang disediakan Pelindo, pelayanannya memang bagus, saya sering menggunakan jasa Pelindo dan sekarang semakin mantap. Kalau hujan pun, kita tidak akan basah karena ruang tunggunya bagus. Selain itu, kalau tiba-tiba ada perubahan jadwal kapal, kita tidak takut karena banyak petugas yang berjaga dan semuanya ramah,” ujar Ainun HA, pemudik asal Ambon.  

Baca Juga:
Tingkatkan Kapasitas Bongkar Muat Curah Kering, Pelindo Tambah 2 Unit Mini Bulldozer

Sampai hari ini, H+10 mudik Nataru, Pelindo mencatat total keseluruhan arus penumpang mencapai angka 1.584.961, mengalami lonjakan sebesar 16.11% dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 1.365.100 penumpang. Sedangkan jumlah kendaraan mencapai 104.196 unit.  

Terminal penumpang  yang paling ramai adalah Tanjung Pinang (191.622 orang), Tanjung Balai Karimun (126.788 orang), Tanjung Perak (109.794 orang), Makassar (81.209 orang) dan Ambon (80.239orang).

Sementara itu, terminal kendaraan yang paling padat dengan kendaraan adalah Tanjung Perak (28.939 unit), Lembar (18.075 unit), Tanjung Wangi (8.190 unit), Balikpapan (7.677 unit), dan Trisakti (6.866 unit).  
Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, mengungkapkan, Pelindo memberikan pelayanan di 63 terminal penumpang untuk menjaga kelancaran arus mudik dan arus balik, selain itu Pelindo telah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung seperti tenda, area tunggu, ruang laktasi, mobil toilet, personel keamanan dan personel kebersihan guna memberikan kenyamanan. 

"Hal ini merupakan bentuk peningkatan kualitas layanan Pelindo dalam rangka mengatasi lonjakan penumpang yang sering terjadi disetiap tahunnya dan demi mewujudkan layanan Pelindo sebagai transportasi yang aman dan nyaman," tegasnya. 

Kesuksesan transportasi yang aman dan nyaman ini utamanya berkat koordinasi Pelindo dengan para stakeholder kepelabuhan yang telah menyiapkan fasilitas mudik Nataru selama 24 jam tanpa henti. (omy)