PPLP Tanjung Priok Meriahkan HUT Ke-51 KPLP dan HUT Ke-36 Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 29/Feb/2024 23:15 WIB
Foto:istimewa/PPLP Tanjung Priok Foto:istimewa/PPLP Tanjung Priok

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok dengan penuh semangat turut merayakan Hari Ulang Tahun Ke-51 Kesatuan Pelaksana Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan HUT ke-36 Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) dengan tema "Melalui Sinergitas, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Optimis Menjamin Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Menuju Zero Accident". yang di laksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Priok Gelar Apel Penutupan Posko Pengawasan dan Pengamanan Angkutan Lebaran 2024

bertindak sebagai inspektur upacara oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, dan perwira upacara dipegang oleh Kepala Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, Dr. Triono, S.Pel.M.M.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, menekankan pentingnya peran dan tanggung jawab besar yang dimiliki oleh insan KPLP dalam menjaga keamanan dan keselamatan pelayaran, baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal ini mencakup berbagai aspek seperti patroli, pengamanan, penegakan hukum pelayaran, intelijen, advokasi, tertib pelayaran di laut dan pantai, serta penanggulangan musibah. acara tersebut dihadiri pula oleh TNI-Polri, stakeholder dan asosiasi.

Baca Juga:
Usai Pelayanan Angleb di Pelabuhan Panjang, KN Trisula P.111 Pangkalan PLP Tanjung Priok Gelar Pengawasan dan Pengamanan Jalur TSS di Perairan Selat Sunda

Kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan edukatif dan interaktif, termasuk kampanye keselamatan maritim yang dilakukan dengan membagikan life jacket kepada beberapa nelayan setempat. Meskipun cuaca hujan mengguyur, semangat para peserta tidak padam. Demonstrasi boarding officer, yel-yel dari anggota pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, demo bela diri, serta penampilan marching band dari taruna-taruna STIP tetap berlangsung meriah dan memukau.

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

Dr. Triono,S.Pel, M.M Kepala pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok mengucapkan perayaan HUT KPLP ke-51 dan Pangkalan ke-36 ini sebagai momentum untuk semakin meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan dan keselamatan pelayaran demi terwujudnya zero accident di laut dan pantai Indonesia.(ahmad)