Menparekraf Imbau Masyarakat Tetap Jaga Keramahan ke Wisatawan

  • Oleh : Naomy

Kamis, 14/Mar/2024 15:15 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat di Bali Menparekraf Sandiaga Uno saat di Bali

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keramahan yang menjadi identitas budaya bangsa Indonesia dan perilaku positif kepada seluruh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. 

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga merespons ulasan negatif turis asing asal Malaysia ketika berwisata di daerah Jakarta.

Baca Juga:
Menparekraf: Ekonomi Berkelanjutan Jadi Kunci Pariwisata Indonesia Sebagai Destinasi Global

Dia menghargai setiap masukan dan memandang ulasan tersebut sebagai kesempatan untuk meningkatkan dan memperbaiki sistem dan layanan pariwisata Indonesia.

"Penting bagi semua pihak menyikapinya dengan santun, positif, dan konstruktif. Penting sekali menjaga keramahan, kenapa? Karena wisatawan Malaysia itu nomor satu yang paling banyak ke Indonesia. Jadi kita terus menjadi bangsa yang ramah terhadap kritik, tapi selalu berusaha menjadi yang terbaik,” kata Sandiaga di Jakarta, Rabu (14/3/2024). 

Baca Juga:
Menparekraf: BaliSpirit Festival 2024 Perkuat Indonesia sebagai Destinasi Wellness Tourism Dunia

Menurutnya, wisman asal Malaysia sering mendominasi, yang berkunjung ke Indonesia. 

Menurut data dari BPS, pada tahun 2023, jumlah Wisman asal Malaysia yang mengunjungi Indonesia tercatat total 1.901.242 orang. 

Baca Juga:
Bangun Destinasi Wisata Baru Bakauheni Harbour City, ASDP Diapresiasi Kemenparekraf

Angka ini menjadikan Malaysia sebagai peringkat pertama negara penyumbang wisman ke Indonesia, kemudian disusul Australia dan Singapura.

Menparekraf akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Jakarta untuk memastikan semua temuan yang menjadi pengaduan atau ketidaknyamanan wisatawan asal Malaysia tersebut dapat diatasi dengan baik.

“Tentunya kami akan bekerja sama dengan semua pihak guna memastikan bahwa Indonesia ini adalah tempat yang aman, nyaman, menyenangkan bagi wisatawan,” tutur Menparekraf. (omy)