AirAsia Ingatkan Penumpang Terkait Bagasi Kabin, Maksimal 7Kg!

  • Oleh : Naomy

Kamis, 21/Mar/2024 15:17 WIB
Pesawat AirAsia Pesawat AirAsia

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia versi skytrax, Indonesia AirAsia, mengimbau bagi para penumpang yang akan bepergian untuk memahami ketentuan bagasi kabin seperti yang telah ditetapkan pemerintah. 

Terutama dalam momen mudik dan libur Lebaran 2024 yang sebentar lagi akan tiba pada periode 3 - 18 April 2024 mendatang.

Baca Juga:
Dampak Erupsi Gunung Ruang dan Bandara Samratulangi Ditutup Sementara, 2 Penerbangan IAA Rute Kinabalu Dibatalkan

“Indonesia AirAsia kembali mengingatkan para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal tujuh kg saja per orang. Jika melebihi dari berat yang ditentukan, kami menganjurkan untuk memasukkannya ke dalam bagasi terdaftar melalui konter check in di Bandara keberangkatan. Adapun biaya bagasi tambahan akan disesuaikan dengan kelebihan berat bawaan,” ujar Head of Government Relations and Corporate Communication Indonesia AirAsia Eddy Krismeidi di Jakarta (21/3/2024).

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan (PM) Nomor 30 Tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Minimal Penumpang Angkutan Udara menentukan bahwa bagasi kabin untuk pesawat jet dan pesawat propeller di atas 30 tempat duduk dengan berat tujuh kilogram dengan ukuran sesuai dengan ketentuan Badan Usaha Angkutan Udara serta Barang Pribadi dengan ukuran, berat dan jenis sesuai dengan ketentuan Badan Usaha Angkutan Udara.

Baca Juga:
Selama Libur Lebaran, Indonesia AirAsia Angkut 310.000 Penumpang

Dia menyampaikan, Indonesia AirAsia pun patuh dan tunduk pada peraturan yang telah ditetapkan tersebut. 

Hal ini juga akan berdampak pada keamanan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan, dimana proses pemeriksaan keamanan akan lebih cepat, penumpang akan mendapatkan ekstra ruangan untuk penyimpanan serta jam keberangkatan yang tepat waktu.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Indonesia AirAsia Tawarkan Promo Fly Thru Terbang ke Berbagai Rute Internasional

Syarat bagasi kabin dengan berat maksimal tujuh kg:

Kombinasi satu tas atau barang bawaan + satu tas kecil = maksimal 7 kg

Untuk tas atau barang bawaan pertama memiliki ukuran 56 cm x 23 cm x 36 cm

Untuk tas kecil tidak boleh melebihi ukuran 40 cm x 30 cm x 10 cm

Petugas akan melakukan pengecekan setiap bagasi kabin yang dibawa oleh penumpang saat keberangkatan untuk memastikan tas atau barang bawaan tidak melebihi berat maksimal yang telah ditentukan. 

"Bagi penumpang yang memiliki kelebihan berat barang bawaan namun tetap ingin memasukkan ke dalam kabin, Indonesia AirAsia memberikan opsi tambah produk add on 7 kg Xtra Carry-On dengan berat keseluruhan barang bawaan maksimal 14 kg," beber Eddy. 

Xtra Carry-On bisa didapatkan dengan melakukan pembelian langsung bersamaan dengan tiket pesawat melalui aplikasi AirAsia MOVE (dahulu AirAsia Superapp) dan situs airasia.com. 

Xtra Carry-On memiliki persediaan terbatas dan hanya berlaku di penerbangan rute Internasional.

Indonesia AirAsia terus meningkatkan pelayanan untuk menjawab kebutuhan penumpang sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik dunia. 

Promo menarik dan informasi lainnya dapat diperoleh melalui Twitter (twitter.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/airasiasuperapp.id), dan Instagram (instagram.com/flyairasia.id). 

Seluruh tiket penerbangan AirAsia dapat dipesan melalui aplikasi AirAsia MOVE (dahulu AirAsia Superapp), situs airasia.com, biro perjalanan online dan agen penjualan tiket resmi lainnya. (omy)