Hari ini Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

  • Oleh : Naomy

Senin, 22/Apr/2024 15:56 WIB
Bandara Sam Ratulangi, Manado Bandara Sam Ratulangi, Manado


MANADO (BeritTrans.com) —  Operasional Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di Manado kembali di buka dan beroperasi normal mulai hari ini (22/4/2024) pukul 12.00 WITA berdasarkan informasi Notice to Airmen (NOTAM) nomor A1054/24 NOTAMC A1041/24.

Pembukaan operasional Bandara Internasional Sam Ratulangi berdasarkan hasil paper test yang menunjukkan negatif Volcanic Ash (VA).

Baca Juga:
Operasional Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup

“Alhamdulillah, Bandara Sam Ratulangi sudah kembali normal,” tutur Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado, Ambar Suryoko. 

Ambar mengatakan, operasional bandara dibuka dikarenakan tingkat aktivitas Gunung Ruang sudah menurun ke Level III serta hasil paper test menunjukkan sebaran abu vukanik di sekitar Bandara Sam Ratulangi negatif.

Baca Juga:
Dampak Erupsi Gunung Ruang, Operasional Bandara Samratulangi Ditutup Sementara

Namun demikian, pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan memonitor secara intensif perkembangan terkini Gunung Ruang dengan melibatkan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi(PVMBG), dan Penyelenggara Bandar Udara serta pihak terkait lainnya.

"Kami akan terus mengupdate perkembangan terkini erupsi Gunung Ruang dan selalu berkoordinasi intensif dengan stakeholder penerbangan khususnya  terkait pelayanan penumpang oleh Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU)," ujarnya.

Baca Juga:
Pengembangan Terminal Baru Bandara Sam Ratulangi 92%, Padukan Konsep Tradisional dan Modern

Dalam penanganan keadaan force majeure ini, Ambar memastikan kebijakan yang diambil demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

“Kita tetap harus waspada terhadap dampak dari abu vulkanik dan semoga masyarakat bisa memaklumi jika operasional bandara terjadi buka tutup karena menyesuaikan kondisi terkini,” ucapnya. (omy)