Update Perjalanan KRL Tujuan Cikarang yang Berimbas Kebakaran

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 10/Mar/2021 21:02 WIB
Suasana di dalam KRL. (Istimewa) Suasana di dalam KRL. (Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter memohon maaf atas adanya kendala operasional perjalanan KRL pada lintas Bekasi - Cikarang yang terjadi sejak Rabu (10/3) sore sekitar pukul 17.33 WIB, tepatnya Di Km 30+500/600 antara Stasiun Bekasi Timur -Stasiun Tambun. 

Kendala operasional tersebut disebabkan adanya kebakaran permukiman warga di sekitar jalur rel.  

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba pada siaran resminya menginformasikan, untuk keamanan dan keselamatan perjalanan kereta, perjalanan kereta yang akan melintasi lokasi kebakaran dihentikan sementara dan Listrik Aliran Atas (LAA) pada lintas tersebut sempat dipadamkan. 

Sampai pukul 19.30 ini petugas pemadam kebakaran masih berupaya untuk memadamkan api di lokasi. Namun demikian, sekitar pukul 19.26 WIB LAA telah dinyalakan kembali untuk satu jalur yaitu pada jalur Cikarang menuju Bekasi. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Hingga saat ini KAI Commuter masih berupaya mengurai antrean perjalanan KRL pada lintas Bekasi - Cikarang PP. Perjalanan Kereta melalui lokasi kejadian tersebut diatur bergantian dengan menggunakan satu jalur. 

Untuk mengurai antrean perjalanan KRL dan mengantisipasi kendala operasional, KAI Commuter telah melakukan rekayasa pola operasi perjalanan KRL di lintas tersebut antara lain: 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

1. Perjalanan KRL menggunakan satu jalur antara Stasiun Bekasi – Tambun.
2. KA 1438 relasi Jakarta – Cikarang, perjalanannya hanya sampai Stasiun Bekasi, untuk perjalanan selanjutnya kembali menjadi KA 1471 relasi Bekasi – Jakarta Kota.
3. KA 1444 relasi Jakarta – Cikarang, perjalanannya hanya sampai Stasiun Bekasi, untuk perjalanan selanjutnya kembali menjadi KA 1475 relasi Bekasi – Jakarta Kota.
4. KA 1448 relasi Jakarta – Cikarang, perjalanannya hanya sampai Stasiun Bekasi, untuk perjalanan selanjutnya kembali menjadi KA 1481 relasi Bekasi – Jakarta Kota.
5. KA 1452 relasi Jakarta – Cikarang, perjalanannya hanya sampai Stasiun Bekasi, untuk perjalanan selanjutnya kembali menjadi KA 1487 relasi Bekasi – Jakarta Kota.
6. KA 1454 relasi Jakarta – Cikarang, perjalanannya hanya sampai Stasiun Bekasi, untuk perjalanan selanjutnya kembali menjadi KA 1485 relasi Bekasi – Jakarta Kota. 

Untuk para pengguna KRL yang tidak dapat menunggu waktu perjalanannya dihimbau untuk menggunakan moda transportasi lainnya. 

Para Pengguna jasa KRL Commuter Line juga dihimbau untuk selalu mematuhi aruran dan arahan petugas dilapangan serta tetap untuk menjaga jarak aman di KRL maupun di area Stasiun dengan tidak memaksakan diri untuk masuk apa bila KRL telah penuh, memperhatikan keselamatan dan keamanan dan selalu berdiri dibelakang garis aman peron. 

Para pengguna jasa KRL Commuter Line juga diimbau untuk selalu mematuhi aturan dan arahan petugas di lapangan serta tetap untuk menjaga jarak aman di KRL maupun di area stasiun dengan tetap utamakan protokol kesehatan. (fahmi)