Pesawat Trigana Air Tergelincir di Bandara Halim, DPR Minta Ramp Check Menyeluruh Jelang Mudik

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 21/Mar/2021 12:10 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kejadian pesawat tergelincir terjadi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Sabtu (20/3/2021). Pesawat kargo Trigana Air PK-YSF tujuan Makassar, Sulawesi Selatan tergelincir setelah sempat tinggal landas dan meminta kembali karena masalah teknis.

Anggota Komisi V DPR Irwan mengatakan kejadian ini berdekatan dengan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2021. Dia pun mengingatkan agar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) perlu melakukan ramp check terhadap semua pesawat guna memastikan keamanannya. Apalagi pemerintah mengindikasikan tidak melarang mudik.
 
"Karena kebijakan pemerintah yang memperbolehkan mudik lebaran maka Kemenhub harus lakukan cek ramp seluruh pesawat memastikan semuanya aman dan laik terbang," ucapnya di Jakarta, Minggu (21/3/2021).

Baca Juga:
Mulai 8 Januari Batik Air Tambah Frekuensi Penerbangan dari Bandara Halim ke Yogyakarta, Semarang, dan Palembang

 

Legislator asal Kalimantan Timur ini pun meminta Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera melakukan investigasi secara cepat terkait penyebab utuh pesawat Trigana PK-YSF yang mengangkut kargo barang. Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa karena pesawat hanya mengangkut barang-barang.

Baca Juga:
4 Pesawat Garuda Angkut 140 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Turki dan Suriah, Dilepas Presiden dari Bandara Halim

"Permasalahannya bukan mengenai ada tidaknya korban jiwa tetapi bagaimana penyebab utuh kejadian bisa segera diketahui dan menjadi perbaikan ke depan bagi dunia penerbangan Tanah Air," kata Irwan.

Menurut Wakil Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR ini, tergelincirnya Trigana bisa menjadi catatan lagi bagi dunia penerbangan Indonesia setelah tragedi Sriwijaya Air. Sebab, aspek keselamatan di dunia penerbangan kembali dipertanyakan.

Baca Juga:
Garuda Terbangkan 120 Tenaga Medis dan 20 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Turki dari Bandara Halim

"Kami harap Kemenhub segera menginformasikan apa yang menjadi sebab tergelincirnya Trigana ini. Sebab informasinya pesawat tersebut salah satu mesinnya mati di saat terbang, lalu return to base ke Halim. Karenanya Kemenhub melalui KNKT segera mengumumkan segera apa benar informasi itu," ujar Irwan.

(lia/sumber:inews.id)