Pesawat Lion Air Balik ke Bandara Juanda akibat Kontrol Kemudi Bermasalah

  • Oleh : Bondan

Selasa, 30/Mar/2021 23:33 WIB
Ilustrasi penumpang dan peamugari pesawat Lion Air. Foto: Istimewa. Ilustrasi penumpang dan peamugari pesawat Lion Air. Foto: Istimewa.

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Pesawat Lion Air terpaksa kembali ke bandara asal atau return to base, setelah diketahui adanya kerusakan pada setelah mengudara 20 menit. 

Insiden itu terjadi pada penerbangan JT-224 rute Surabaya-Banjarmasin pada Selasa (30/3/2021) dengan pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGJ.

Baca Juga:
Lion Air Layani Rute Lombok - Makassar Mulai 27 Maret

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, sebelum diterbangkan, teknisi serta pilot telah melaksanakan pengecekan pesawat dan menyatakan pesawat laik terbang dan beroperasi.

Namun, setelah 20 menit mengudara dari jadwal keberangkatan pukul 06.45, pilot memutuskan kembali ke bandar udara asal.

Baca Juga:
Pesawat Lion Air Surabaya-Jeddah Berputar-putar di Langit Binjai, Ternyata ini Penyebabnya

"Hal tersebut dilakukan karena pilot mengetahui adanya indikator pada ruang kemudi (cokcpit) yang menunjukkan kemungkinan adanya gangguan pada kontrol kemudi sehingga tidak berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan pemeriksaan terhadap pesawat udara di darat," ujar Danang dalam keterangannya, Selasa (30/3/2021).

Danang melanjutkan, pesawat mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda pukul 07.25.

Baca Juga:
Lion Air Resmi Terbangi Langit Ternate - Jakarta

Setelah posisi pesawat berada pada tempatnya, yakni di landasan parkir (apron), seluruh penumpang yang  berjumlah 75 orang diarahkan dan dikembalikan ke ruang tunggu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Dalam hal ini, Lion Air telah memberikan layanan kompensasi keterlambatan keberangkatan menurut ketentuan yang belaku.

Penerbangan JT-224 yang mengalami penundaan keberangkatan dipersiapkan dan dipindahkan dengan menggunakan pesawat Lion Air lainnya.

Penerbangan JT-224 dioperasikan Boeing 737-900ER registrasi PK-LPY dengan status pesawat dalam kondisi laik terbang dan beroperasi.

"Penerbangan JT-224 sudah menerbangkan kembali 75 penumpang serta tujuh kru pukul 09.19 WIB dan memiliki waktu kedatangan di Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor pada 09.30," pungkasnya.