Polisi Bakal Cek Surat Tes Antigen Pemudik di Bakauheni saat Arus Balik

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 15/Mei/2021 08:07 WIB
Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. (Foto: Antara) Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. (Foto: Antara)

Jakarta (BeritaTrans.com)  -  Korlantas Polri akan mendirikan pos pengecekan surat tes antigen pemudik di Pelabuhan Bakauheni saat arus balik.. Bagi pemudik yang tak dapat dapat melengkapi surat test antigen, tak diizinkan melintas.

Kakorlantas Polri Irjen Istiono awal menjelaskan bahwa telah terjadi pergeseran pergerakan kendaraan dari mudik ke arus balik pada akhir pekan ini. Dari arah timur para pemudik akan dicek surat kelengkapan tes antigen-nya.

Baca Juga:
Korlantas Polri Bahas Pelayanan Prima Kamseltibcarlantas Pada Libur Nasional Dalam Workshop Rekayasa Lalu Lintas Pelabuhan Merak

​​​​"Mulai besok akan terjadi pegeseran, pergerakan kendaraan yang dari Jawa menuju Jakarta tanggal 15-16. Pemerintah telah melakukan langkah-langkah kebijakan yaitu untuk mengantisipasi pergerakan ini akan dilakukan random test antigen dari Bali, Jawa, menuju Jakarta," kata Istiono dalam keterangannya, Jumat (14/5/2021).

Lalu Istiono mengatakan dari arah Sumatera ke Jakarta pemeriksaan pemudik akan lebih diketatkan. Sebab, ada peningkatan ketersediaan tempat tidur di Sumatera.

Baca Juga:
Dirgakkum Korlantas Jajal LRT: Ini Solusi untuk Permasalahan Lalu Lintas di Jalan

"Kemudian Sumatera menuju Jakarta. Sumatera menuju Jakarta ini harus lebih ketat sebab indikator persediaan tempat tidur RS dari Sumatera ini meningkat menurut data Satgas COVID yaitu di atas 56 persen," ujarnya.

Adanya indikasi itu, maka polisi akan mendirikan pos pengecekan bagi para pemudik saat arus balik di Pelabuhan Bakauheni. Pemudik yang tidak dilengkapi surat tes antigen atau surat bebas COVID-19 tak akan diizinkan melintas.

Baca Juga:
Dirgakkum Korlantas Polri Ingatkan Point Penting Pelaksanaan Operasi Patuh 2023

"Oleh karena itu, Sumatera menjadi perhatian. Nanti di Lampung, Bakauheni akan dibentuk check point, jadi tidak ada yang lolos satu pun untuk pemeriksaan swab antigen. Jadi wajib untuk dilaksanakan sebelum pergerakan orang/barang dari Sumatera atau Jawa harus dilengkapi surat swab antigen," imbuhnya.  (ny/Sumber: detik.com)