Dua Pekan Jelang Sidang Penembakan Pesawat Malaysia MH17, Empat Orang Tersangka

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 28/Mei/2021 07:59 WIB
Hakim pengadilan dan pengacara melihat puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH17 yang direkonstruksi. Rudal BUK menewaskan 298 penumpang pesawat MH17. Hakim pengadilan dan pengacara melihat puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH17 yang direkonstruksi. Rudal BUK menewaskan 298 penumpang pesawat MH17.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Hakim Belanda Hendrik Steenhuis yang memimpin persidangan in absentia (pemeriksaan suatu perkara tanpa kehadiran pihak tergugat) terkait jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17, diizinkan untuk melihat bangkai pesawat tersebut untuk pertama kalinya pada Rabu (26/05/2021) di pangkalan udara Glize-Rijen di Belanda. 

Jaksa telah mengajukan dakwaan terhadap tiga warga Rusia dan seorang warga Ukraina yang diduga berperan dalam kecelakaan jatuhnya pesawat MH17. 

Baca Juga:
Australia dan Belanda Menuntut Rusia atas Jatuhnya Malaysia Airlines MH17 pada 2014

Penerbangan MH17 dengan rute Amsterdam ke Kuala Lumpur pada 17 Juli 2014 terkena hantaman rudal BUK yang ditembakkan oleh pasukan yang didukung Rusia di timur Ukraina. Seluruh penumpang yang berjumlah 298 orang tewas dalam insiden itu. 196 penumpang diantaranya adalah warga negara Belanda. 

Belanda menuding Rusia bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat tersebut, meski Rusia menyangkal semua keterlibatannya. 

Baca Juga:
Baru Lolos dari My Indo Airlines, Garuda Indonesia Kembali Digugat PKPU

Kunjungan emosional bagi para hakim dan keluarga korban 

Hakim ketua Hendrik Steenhuis mengatakan, "Kami menyadari bahwa kunjungan ke lokasi rekonstruksi MH17 ini sebagai bagian dari proses pidana resmi yang sangat emosional bagi kerabat korban." 

Baca Juga:
Keluarga Korban Pesawat Malaysian Airlines Termasuk dari Indonesia Ungkapkan Rasa Kehilangan dan Sakit di Pengadilan Belanda

Setelah hakim mengamati puing-puing pesawat, jaksa dan pengacara pembela yang sebelumnya telah melakukan peninjauan juga diizinkan untuk kembali melihat bangkai MH17. Keluarga korban bisa menyaksikan observasi itu melalui siaran langsung. 

Arlette Schijns, seorang pengacara untuk keluarga korban, mengatakan "Setiap orang yang melihat itu dapat membayangkan bahwa penderitaan non-materi yang disebabkan kecelakaan ini sangat besar." 

Siapa yang diadili atas jatuhnya penerbangan MH17? 

Tiga warga negara Rusia, Oleg Pulatov, Igor Girkin, dan Sergei Dubinsky, serta seorang warga negara Ukraina, Leonid Kharchenko, diadili secara in absentia atas kejahatan menembak MH17 dengan rudal BUK. 

Investigasi internasional telah menunjukkan rudal yang menjatuhkan pesawat MH17 adalah milik Brigade Rudal Anti-Pesawat ke-53 Angkatan Darat Rusia. 

Dari empat tersangka, hanya Pulatov yang didampingi pengacara pembela. Dia menyangkal terlibat dalam insiden jatuhnya pesawat MH17. Namun, menurut hukum Belanda, terdakwa tidak diharuskan untuk mengajukan pembelaan.(fh/sumber:dw.com)