Wing Air Resmikan Penerbangan Baru ke Lewoleba dari Kupang

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 19/Jun/2021 06:29 WIB
Wing Air mendarat perdana di Bandara Wonupitu, Lewoleba, Jumat (18/6/2021). Wing Air mendarat perdana di Bandara Wonupitu, Lewoleba, Jumat (18/6/2021).

LEWOLEBA (BeritaTrans.com) - Wings Air telah meresmikan rute baru ke Lewoleba melalui Bandara Wunopito pada Jumat (18/06/2021). 

Penerbangan maskapai dari Lion Air Group ini akan melalui Bandara Eltari, Kupang untuk menuju menuju ke rute baru tersebut. 

Baca Juga:
Lion Group dan Bandara Internasional Batam Kerja Sama Tingkatkan Konektivitas Layanan Bisnis hingga Wisata

Bandara Wunopito, Lewoleba, terletak di Desa Lamahora, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata (LWE), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). 

"Lewoleba menempatkan sebagai kota tujuan baru ke-140 Wings Air di nasional dan internasional, sedangkan secara intra-Bali Nusa Tenggara, Lewoleba adalah urutan kota ke-15 setalah Bali, Lombok, Ruteng, Alor, Atambua, Bajawa, Ende, Kupang, Labuan Bajo, Larantuka, Maumere, Tambolaka, Waingapu dan Rote," ujar Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro pada keterangan resminya, Jumat (18/6/2021) malam. 

Baca Juga:
Lion Air Group Konektivitas Indonesia Melalui Surabaya, Gabungkan Penerbangan dengan Wisata

Terbang perdana Wings Air yang dimulai hari dari Bandara Eltari pukul 10.40 WITA dan mendarat di Bandara Wunopitu pada 11.40 WITA. 

Rute kembali masih dilayani di hari yang sama, Wings Air penerbangan IW-1994 memiliki waktu keberangkatan dari Bandara Wunopitu pada 12.00 WITA dan tiba di Bandara Eltari pukul 13.00 WITA.   

Baca Juga:
Rayakan Pergantian Tahun: Angkasa Pura II, Lion Air Group dan Super Air Jet Gelar Flashmob di Bandara Soetta

Pada penerbangan perdana tersebut, seluruh awak pesawat, perwakilan manajemen Wings Air disambut oleh Bupati Lembata beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kepala Daerah (Forkompinda); Area Manager Lion Air Group Nusa Tenggara Timur, Rinus Togarma Zebua; Station Manager Wings Air Lewoleba, Fauzan Alkatiri dengan pengalungan kain khas serta sambutan penerimaan dari adat lokal. 

Peresmian terbang pertama di Lewoleba ini, untuk simbolis berupa penyerahan miniatur pesawat ATR 72 kepada Bupati Kabupaten Lembata, yang diwakilkan Wakil Bupati Kabupaten Lembata, Thomas Ola Langoday oleh Capt. Decky Arianto, Operation Manager Wings Air selaku perwakilan manajemen Wings Air. 

"Wings Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi dari internal, pemerintah daerah, regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara serta berbagai pihak terkait lainnya dalam persiapan penerbangan perdana mendatang. Berharap, dengan sinergitas ini akan terlaksana lancar, sehingga Wings Air dapat menjangkau dan melayani penerbangan di gerbang udara NTT," ujar Danang. 

Dijelaskan Danang, penerbangan ini, Wings Air telah mempersiapkan armada jenis baling-baling (propeller) tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600. Keduanya menawarkan kapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi, konfigurasi atau tata letak 2-2. 

Pada tahap awal, Wings Air akan melayani dengan frekuensi terbang satu kali setiap hari atau tujuh kali dalam sepekan. Tarif tiket spesial satu kali terbang (one way) di rute Kupang ke Lewoleba mulai dari Rp 486.100. Harga tiket terbaik satu kali jalan Lewoleba ke Kupang mulai dari Rp 466.100 

Sebagai informasi, NTT adalah provinsi yang memiliki 16 bandara, 13 diantaranya Wings Air sudah beroperasi.(fahmi)