Unik! Suara Bus Gunung Harta saat Berjalan Mundur, Ada yang Pakai Potongan Lagu

  • Oleh : Bondan

Rabu, 23/Jun/2021 10:35 WIB
Bus Gunung Harta. Foto: BeritaTrans.com. Bus Gunung Harta. Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Kendaraan niaga seperti bus ternyata mempunyai keunikan tersendiri. Seperti pemasangan aksesoris mulai dari lampu led hingga suara klakson.

Namun, ada salah satu keunikan lagi yang terdapat pada kendaraan besar tersebut. Apa keunikan tersebut?. Keunikan itu adalah saat bus berjalan mundur akan terdengar nada.

Baca Juga:
Joss! PO Sembodo Luncurkan Bus Suite Combi Plus Rute Jakarta-Padang

Nada ini berfungsi memberikan peringatan pada kendaraan lain di sekitar bus saat hendak mundur.

Nada yang dikeluarkan pun berbeda-beda, tergantung dari pabrikan sasis yang digunakan. Biasanya nada yang dikeluarkan berulang-ulang, seperti 'beep' atau 'nit' dan hanya aktif ketika memasukkan transmisi mundur. Begitu posisi transmisi kembali ke netral atau maju, nada tersebut tidak aktif lagi.

Baca Juga:
Mewah! Bus Double Decker Terbaru Milik Gunung Harta Beroperasi, Berapa Sih Tarifnya?

Bus Gunung Harta. Foto: BeritaTrans.com.

Saat ini berbagai aksesoris alat speaker nada (reverse buzzer) tersebut bisa diganti dengan nada lain. Seperti potongan lagu hingga suara lainnya.

Baca Juga:
Arti Kode Lampu Utama dan Lampu Hazard di Bus AKAP

Salah satu kru dari bus Gunung Harta yang BeritaTrans.com temui, menjelaskan, alat dari nada yang dikeluarkan pada bus tersebut tergantung dari sasis yang digunakan.

"Biasanya sasis bawaan suaranya masih standar atau sama nggak ada. Kalau suara kaya lagu atau yang lainnya itu modfikasi ganti alatnya. Yang penting formatnya masih sama kaya yang bawaan," ujarnya kepada BeritaTrans.com, Rabu (23/6/2021).

Posisi alat speker itu berada di ruang mesin belakang. Ditempatkan di bagian belakang agar lebih jelas terdengar ketika bus sedang mundur. (dan)