Menggiurkan, Ini Besaran Gaji Pilot Terbesar di Dunia Bisa Tembus Rp4 Miliar

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 27/Okt/2021 17:30 WIB
foto:istimewa/ilustrasi foto:istimewa/ilustrasi

JAKARTA - Pilot merupakan profesi elit dengan besaran gaji menggiurkan. Sebagai penjelajah dunia, pilot memiliki fasilitas lebih dibandingkan profesi lain.

Oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang tertarik berkarier sebagai pilot. Di Indonesia, rata-rata pendapatan pilot mencapai Rp40-60 juta per bulan.

Baca Juga:
Tabrakan 2 Pesawat Temput Ukraina, 3 Pilot Tewas

Adapun untuk pilot pemula sekitar Rp30 juta per bulan. Komponen gaji tersebut terdiri dari gaji pokok dengan plus tunjangan. Bahkan pundi-pundi semakin tebal ketika sudah senior, bisa mencapai Rp100 juta per bulan.

Pendapatan tersebut belum termasuk benefit noncash lain seperti tunjangan kesehatan, asuransi, lost of flying license, pensiun, BPJS, kesehatan pensiun, penghargaan masa kerja dan pensiun.

Baca Juga:
Viral! Pilot SpiceJet Bikin Penumpang Terpingkal dengar Pidatonya Jelang Penerbangan

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (27/10/2021), berikut daftar pilot dengan gaji terbesar di dunia berdasarkan domisili negara:

1. China
Negara yang memiliki rata-rata gaji pilot tertinggi di dunia adalah China. Negeri Tirai Bambu membukukan angka sekitar USD300 ribu atau setara Rp4 miliaran per tahunnya.

Baca Juga:
Pilot India Dilarang Terbang Gegara Ngopi di Kokpit

Itu belum ditambah bonus yang angkanya bisa menyentuh US$ 36 ribu atau Rp 500 juta kalau sudah mencapai kontrak 3 tahun. Tentunya, dengan nominal tersebut kebutuhan pilot untuk hidup berkeluarga amat tercukupi. 


2. Belanda
Berada di urutan kedua, Belanda termasuk salah satu negara yang memiliki rata-rata gaji pilot tertinggi di dunia. Meskipun luas wilayahnya kecil, tapi soal urusan gaji pilot, negara Kincir Angin ini nyatanya memberikan upah yang cukup tinggi.

Diketahui, gaji yang diberikan menyentuh 218 ribu Euro atau setara Rp3,3 miliar per tahunnya. Sementara itu, perusahaan penerbangan terbesar di Belanda adalah KLM Royal Dutch Airlines yang didirikan pada 1919.

3. Perancis
Negara ini mencatatkan rata-rata upah pilot sekitar 99 ribu Euro atau setara Rp1,5 miliaran per tahunnya. Air France merupakan maskapai pelat merah Perancis terbesar di sana dan sudah beroperasi semenjak 1933.

4. Irlandia
Irlandia menempati urutan keempat. Adapun gaji pilot di negara ini mencapai rata-rata USD225.000 atau setara Rp3,1 miliar per tahun.

5. Amerika Serikat
Di Amerika Serikat pilot digaji sekitar USD102 ribu atau Rp1,4 miliar per tahunnya. Jumlah ini hampir mirip dengan UEA yang mempunyai angka Rp1,3 miliar. (amt/sumber:sindonews.com)