Ditjen Hubla Tingkatkan Kompetensi SDM Protokoler

  • Oleh : Naomy

Rabu, 24/Nov/2021 18:43 WIB
Peningkatan kompetensi SDM protokoler Ditjen Hubla Peningkatan kompetensi SDM protokoler Ditjen Hubla

BOGOR (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar kegiatan “Pemantapan dan Peningkatan Pembinaan Keprotokolan dan MC Tahun Anggaran 2021”. 

Baca Juga:
Penetapan Alur Pelayaran di Pelabuhan Lapuko Tingkatkan Keselamatan dan Perlindungan Lingkungan Maritim

Tujuannya menurut Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan, Achmad Somantri, untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) protokoler di lingkungan Ditjen Hubla.

"Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta, yang berasal dari Kantor Pusat Ditjen Hubla dan Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut," ujarnya di Bogor, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga:
Kemenhub Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Persetujuan Kapal Asing

Dia mengatakan, dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan akan diperoleh ilmu atau dasar pelayanan pimpinan yang lebih baik dan andal, cepat dan lugas sebagai Protokoler di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam melayani segala macam hal acara Formal dan Non Formal.

"Terutama di era Milenial dan masa pandemi yang masih ada saat ini kita menggabungkan dua aturan keprotokolan dan protocol kesehatan," ujarnya.

Baca Juga:
Alur Pelayaran Pelabuhan Raha Segera Ditetapkan Kemenhub

Kegiatan Pemantapan dan Peningkatan Pembinaan Keprotokolan dan MC Tahun Anggaran 2021 ini juga dimaksudkan untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan pengembangan bakat Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bidang Keprotokolan dan MC dengan tujuan meningkatkan kualitas dan peran serta Aparatur Negeri Sipil (ASN) dalam pelayanan kegiatan kepemerintahan. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat membuka dan meningkatkan wawasan yang seluas-luasnya tentang tata cara di bidang keprotokolan dan MC sesuai dengan pedoman. Serta mendorong minat dan bakat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk ikut berperan aktif pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut," urai dia.

Achmad memaparkan, sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI nomor PM.27 Tahun 2012 Tentang Keprotokolan di Lingkungan Kemenhub, sebagai salah satu dasar penyusunan alokasi anggaran untuk kegiatan dimaksud.

Untuk itu Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagai salah satu koordinator pelayanan pimpinan dalam berbagai hal baik bersifat resmi maupun non resmi di unit kerja.

"Saya berharap agar kiranya para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan bermanfaat untuk dapat di terapkan pada unit kerja masing-masing," ujar Achmad.

Sebagai informasi, materi dalam kegiatan ini mencakup persiapan etika dan MC, penguasaan panggung acara; olah vokal (Artikulasi dan Intonasi); redaksi MC Bahasa Inggris; praktek acara resmi I & II; praktek acara semi formal; evaluasi, keahlian komunikasi verbal; teknik mengatasi hambatan internal/eksternal; teori keprotokolan; dan praktik keprotokolan. (omy)

 

 

 

Tags :