Rayakan Tahun Baru Lewat Bandara Husein: Berjubel Penumpang Bolak-Balik Bandung ke Bali dan Kualanamu

  • Oleh : Redaksi

Senin, 27/Des/2021 15:44 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa sidak angkutan nataru di Bandara Husein Sastranegara, Sabtu (25/12/2021). Menteri disambut  Executive General Manager (EGM) Bandara Husein Sastranegara R Iwan Mahdar . Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa sidak angkutan nataru di Bandara Husein Sastranegara, Sabtu (25/12/2021). Menteri disambut Executive General Manager (EGM) Bandara Husein Sastranegara R Iwan Mahdar .

BANDUNG (BeritaTrans.com) - Pergantian tahun tampaknya selalu menjadi momen indah bagi sejumlah warga Jawa Barat. Sebagian dari mereka hendak merayakan tahun baru di luar kota, terutama Bali dan Sumatera Utara (Sumut).

Ternyata juga tinggi  trafik traveler dari luar kota untuk bertahun baru di Jawa Barat. Tentu saja trafik itu menggunakan  pesawat dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Baca Juga:
Bandara SMB II dan Kejati Sumsel Kerja Sama Penanganan Hukum Perdata dan TUN

Antusiasme untuk bertahun baru itu di luar kota itu setidaknya terlihat dari pesanan tiket pesawat di bandara kelolaan PT Angkasa Pura II tersrbut.

Executive General Manager (EGM) Bandara Husein Sastranegara R Iwan Mahdar mengemukakan data dari maskapai memperlihatkan sejauh ini pesanan tiket rata-rata hingga 95 persen.

Baca Juga:
Petugas Avsec Bandara SMB II Palembang Gagalkan Penyelundupan 348 Slop Rokok Ilegal

"Terutama untuk destinasi Bandara Ngurah Rai, Bali, dan Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk rute lainnya berkisar di 65 persen," ungkapnya kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Senin (27/12/2021).

Baca Juga:
Bandara Husein Kembali Layani Penerbangan Komersial, Buka Rute Bandung - Pangandaran dan Bandung - Jakarta

Angka load factor itu  terlihat juga untuk rute dari luar daerah ke Jawa Barat. "Angkanya hampir sama. Jadi bolak-balik ke Bandung, seats full sesuai ketentuan pemerintah," ujarnya.

Iwan Winaya mengemukakan maskapai Citilink dan Lion Air menang banyak dalam lonjakan trafik penumpang tersebut. "Dia maskapai itu bersama AirAsia kencang penumpang di rute Husein-Ngurah Rai. Sedangkan Husein-Kualanamu, hanya Citilink dan Lion Air," tuturnya.

Merespon lonjakan penumpang itu, dia mengutarakan jajaran Bandara Husein Sastranegara tetap memberikan pelayanan prima. "Sesuai arahan direksi, kami harus terus meningkatkan kepuasan pelanggan," cetusnya.

Salah satunya memberikan pelayanan terbaik melalui implementasi sistem Autogate V.1, yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi .

 Calon penumpang pesawat yang telah mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan melengkapi syarat penerbangan bisa langsung menuju check-in counter untuk mengambil boarding pass. 

 Sistem Autogate V.1 akan dikembangkan ke Project Inovasi Autogate V.2. Yakni disamping terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, nantinya sistem juga akan melakukan pemastian kecocokan wajah penumpang dengan KTP yang bersangkutan. (awe).