Diancam Ditembak Jatuh, Boeing 787 Dreamliner Vietnam Airlines Alihkan Pendaratan

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 07/Janu/2022 00:17 WIB


FUKUOKA (BeritaTrans.com) - Pesawat Boeing 787 Dreamliner Vietnam Airlines terpaksa dialihkan ke Fukuoka kemarin.

 Penerbangan dari Tokyo ke Hanoi dilaporkan dialihkan setelah ada ancaman ditembak jatuh pesawat. Ancaman disampaikan  melalui panggilan telepon ke kantor maskapai Jepang. Untungnya, pesawat mendarat tanpa insiden lebih lanjut meskipun ada ancaman.

Baca Juga:
Lion Air Tujuan Bali-Solo Mendarat di Yogyakarta, Gegara Indikator Menyala

Meskipun ancaman teror terhadap pesawat jarang terjadi, setiap ancaman harus ditanggapi dengan sangat serius. Untungnya, sebagian besar ancaman terbukti sebagai tipuan, meskipun ketika berhasil, implikasinya dapat menjadi bencana besar bagi industri.

Kemarin, sebuah Boeing 787-9 milik Vietnam Airlines berangkat dari Tokyo lima menit lebih cepat dari jadwal, dan segera setelah melewati Teluk Tokyo, menurut data dari RadarBox.com. 

Baca Juga:
Mendarat Darurat, Eh Penumpang Malah Sibuk Selfie di Sayap Pesawat

Menurut VN Express, kantor Japanese Vietnam Airlines menerima ancaman telepon sekitar 40 menit setelah penerbangan, lama setelah melewati Teluk Tokyo.

Menurut publikasi, penelepon mengancam,

Baca Juga:
Heli yang Ditumpangi Gubernur Jambi Mendarat Darurat di Lapangan Sepakbola, Cuaca Ekstrem

“Penerbangan VN5311 sebaiknya kembali ke Narita atau akan ditembak jatuh saat melewati Teluk Tokyo. Saya sedang bersiap untuk menembak VN5311 saat ia terbang di atas Teluk Tokyo. Lebih baik berbalik.”

Melalui koordinasi dengan kantor pusat maskapai, otoritas penerbangan sipil Vietnam, dan mitra Jepangnya, diputuskan bahwa pesawat akan dialihkan ke bandara terdekat sebagai tindakan pencegahan. Akibatnya, pesawat mendarat di Fukuoka pada pukul 13:05, setelah sekitar dua setengah jam di angkasa. Sejak kejadian itu, pesawat telah kembali beroperasi.

Vietnam Airlines dan Boeing 787

Pesawat yang terlibat dalam insiden itu adalah VN-A868. Menurut ch-aviation.com, pesawat tersebut berusia 5,43 tahun. Ini pertama kali terbang pada 2 Agustus 2016, dan kemudian dikirim pada 4 Oktober. ch-aviation mencantumkan nilai pesawat saat ini sebesar $81,99 juta.

Sumber: simpleflying.com.