Dukung Optimalisasi Penerbangan PMI, Garuda Jalin Kemitraan dengan BP2MI

  • Oleh : Naomy

Senin, 14/Mar/2022 18:04 WIB
Teken kerja sama Garuda Indonesia dan BP2MI Teken kerja sama Garuda Indonesia dan BP2MI


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dukung optimalisasi penrbangan Pekerja Migran Indonesia (PMI), Maskapai nasional Garuda Indonesia bersama Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menjalin kerja sama strategis.

Sinergi strategis kedua instansi tersebut direpresentasikan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman “Corporate Privilege” di Jakarta, Senin (14/3/2022). 

Baca Juga:
Jelang Musim Haji Tahun ini, Garuda Optimalkan Kesiapan Operasional

Melalui kerja sama tersebut Garuda menjadi “Official Airline” dan berkomitmen mendukung kegiatan BP2MI, khususnya dalam memfasilitasi kebutuhan tiket perjalanan udara dengan harga khusus serta potongan harga pada berbagai rute internasional bagi Pekerja Migran Indonesia dan pegawai BP2MI beserta keluarga.

Sejalan dengan program pemerintah terkait dengan fokus penempatan tenaga kerja di Korea Selatan, pada tahap awal kerja sama ini Garuda akan memberikan harga khusus bagi PMI yang akan menuju Seoul, Korea Selatan.  

Baca Juga:
Pendapatan Garuda di Kuartal 1 Meningkat, Target Pertumbuhan Penumpang 40%

Lebih lanjut, selain menawarkan harga khusus, melalui kerja sama tersebut Garuda juga memberikan nilai tambah layanan penerbangan berupa optimalisasi layanan kargo dan charter Garuda Indonesia Group bagi PMI, baik yang akan menjalankan tugas maupun yang akan kembali ke tanah air. 

"Sebagai maskapai pembawa bendera bangsa, Garuda berkomitmen untuk senantiasa berperan aktif khususnya dalam mendukung mobilitas tenaga kerja Indonesia melalui aksesibilitas transportasi udara ke berbagai negara tujuan," ungkapnya. 

Baca Juga:
Dukung Pertumbuhan Pariwisata, Garuda Buka penerbangan Manado-Denpasar

Menjadi sebuah keniscayaan bagi pihaknya untuk terus hadir menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia dalam hal ini PMI yang bekerja di negara mitra sekaligus mengantarkan kembali mereka ke Tanah Air.

“Kiranya sinergi antara Garuda dengan BP2MI ini dapat mengoptimalkan kebutuhan layanan transportasi udara yang diberikan kepada PMI, khususnya melalui  layanan penerbangan yang sehat, aman dan nyaman, yang tentunya juga didukung dengan penerapan protokol kesehatan yang konsisten di seluruh lini operasional kami,” urai Irfan.

Dia menambahkan, seperti yang diketahui bersama bahwa keberadaan PMI memiliki kontribusi yang  besar dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. 

Sejalan dengan mulai dibukanya kembali akses masuk ke berbagai negara, kiranya kerja sama ini akan dapat mendukung mobilitas para pahlawan devisa negara sejalan dengan momentum percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Sementara itu, Kepala Badan BP2MI, Benny Ramdhani pada kesempatan tersebut menyambut baik sinergi kelembagaan antara keduanya, terlebih mengingat Garuda sebagai national flag carrier memiliki misi yang sama yaitu membawa nama Indonesia ke dunia. 

“Sebagai Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan jasa transportasi udara untuk penumpang, kargo dan pos pada rute penerbangan dalam negeri dan luar negeri, Garuda diharapkan dapat memberikan layanan bagi PMI baik dari sisi pemberangkatan dan tidak menutup kemungkinan juga dari sisi kepulangannya,” papar Benny. 

Kata dia, layanan tersebut merupakan manifestasi kehadiran Negara dalam memberikan pelayanan dan pelindungan paripurna bagi PMI sebelum, selama dan setelah bekerja melalui sinergi kelembagaan sebagaimana tercantum dalam program prioritas BP2MI. 

Setelah adanya pandemi sekalipun, Korea Selatan dan Jepang masih mampu menarik minat sejumlah pekerja untuk bekerja di Negara mereka. 

"Tentu ini menjadi sebuah peluang kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak," pungkasnya. (omy)