Direktur BP3IP Wisuda 140 Ahli Nautika dan Teknika

  • Oleh : Naomy

Rabu, 16/Mar/2022 09:44 WIB
Direktur BP3IP dalam pelantikan Direktur BP3IP dalam pelantikan


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktur Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta, Ahmad, lantik 140 orang sebagai Ahli Nautika Tingkat II, III, IV dan Ahli Teknik Tingkat II, III, IV. 

Pelantikan perwira transportasi pelayaran ke-46 ini di Jakarta, Selasa (15/3/2022) dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Baca Juga:
BP3 Curug Gelar Diklat Pilot Drone Bagi Aparatur KKP

Ahmad menyampaikan, di masa yang penuh tantangan ini, para pelaut harus tetap produktif untuk berkarya dan melaksanakan kewajiban sebagai tenaga pelaut profesional sesuai dengan nilai-nilan dalam Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global, Integritas). 

“Pelaut Indonesia harus mampu unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, karena Sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor penting dalam usaha mencapai kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa," ungkapnya.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Melalui tema “Through the 46th Graduation of Marine Officer Class II, III & IV We Support the Development and Capacity Building of Human Resources with Maritime Technology Competency”.

Dia menekankan pentingnya pelaut untuk terus meningkatkan kompetensi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. 

Baca Juga:
BPSDMP Bahas Penyusunan Kurikulum Diklat Ahli Kepelabuhanan

“Pada era mendatang, tenaga kerja manusia mengahadapi tantangan yang berat. Perkembangan ilmu dan teknologi sangat pesat dan manusia dituntut untuk memiliki spesialisasi tertentu, dan tiap-tiap spesialisasi hanya mengenal dirinya sendiri secara mendalam tetapi tidak banyak mengetahui hal-hal di luar dirinya," katanya.

Dia juga menyampaikan tugas dan tanggung jawab para pelaut dalam mengirimkan berbagai kebutuhan di dunia semakin berat karena tantangan pandemi yang saat ini masih terjadi. 

Di berbagai pelabuhan yang disinggahi dengan beragam aturan kesehatan dan resiko tingkat penularan Covid-19 menuntut upaya keras para pelaut untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat. 

Untuk itu, lanjutnya perusahaan pelayaran dan semua stakeholder di sektor maritim harus bekerja sama untuk memastikan keselamatan dan kemanan para pelaut dari penyebaran pandemi. 

Pelaut telah menjadi pahlawan tanpa tanda jasa di masa pandemi Covid-19 ini, karena dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya yang penuh risiko dan tantangan serta meninggalkan keluarga yang dicintai. 

Adapun para wisudawan yang dilantik merupakan para pelaut lulusan program Diklat Pelaut (DP) tingkat II, III, dan IV keahlian Nautika dan Teknika, dengan rincian DP II Nautika sebanyak 23 orang, DP II Teknika sebanyak 13 orang, DP III Nautika sebanyak 16 orang, DP III Teknika 20 orang, DP IV Nautika sebanyak 25 orang, dan DP IV Teknika sebanyak 13 orang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penyelenggaraan BP3IP Jakarta, P. Marcello Lopulalan, melaporkan bahwa para lulusan telah mengikuti pendidikan dan pelatihan dengan sistem dan metode pembelajaran yang mencakup empat kriteria kompetensi sehingga berhak memeroleh sertifikat kompentensi kepelautan, yaitu Ahli Nautika Tingkat II, III dan IV serta Ahli Teknika Tingkat II, III dan IV.

“Empat kriteria kompetensi tersebut terdiri dari kompetensi akademik, kompetensi profesional, kompetensi nilai dan sikap, serta kompetensi untuk siap menghadapi perubahan. Dengan begitu para perwira lulusan ini telah siap untuk menghadapi tuntutan dan tantangan tugas ke depan sesuai dengan tingkat kompetensi yang dimiliki sekarang”, ungkapnya. (omy)