Pilot dan Kru Cedera Gegara Pesawat Turbulensi

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 25/Mar/2022 08:51 WIB


CALGARY (BeritaTrans.com) - Dalam insiden mengejutkan minggu ini, baik pilot dan satu awak pesawat de Havilland  Dash 8-400 WestJet Encore mengalami cedera karena turbulensi.

Sementara ketiganya menderita beberapa cedera, pesawat mendarat dengan selamat 15 menit kemudian, dan staf pemeliharaan membersihkan pesawat untuk operasi.

Baca Juga:
Garuda Mulai Kembalikan Pesawat Bombardier CRJ-1.000

Menurut AvHerald, insiden itu terjadi pada penerbangan WestJet Encore WS-3613 dari Seattle ke Calgary pada 13 Maret. Penerbangan berada di ketinggian 13.000 kaki dan turun ketika menabrak turbulensi mendadak, melukai tiga orang di kabin. Kedua pilot mengenakan sabuk pengaman di pangkuan dan bahu mereka, tetapi sentakan itu menyebabkan kepala mereka terbentur langit-langit kokpit.

Kapten menderita luka-luka, sementara perwira pertama tampaknya berhasil lolos dengan sedikit atau tanpa kerusakan.

Baca Juga:
Wadidaw! Bill Gates Punya 3 Pesawat Jet Pribadi Berfasilitas Supermewah

Seorang anggota kru juga menabrak pintu L1 di kabin meskipun mengenakan sabuk pengaman mereka pada saat itu. Belum ada laporan cedera serius dan kami berharap ketiganya cepat pulih.

Tidak ada korban luka di antara penumpang, yang semuanya diikat saat turun. Pihak berwenang Kanada mengkonfirmasi bahwa kapten dan awak cedera ringan. Pesawat diperiksa untuk kerusakan akibat turbulensi setelah mendarat, tetapi tidak ada yang ditemukan, dan Q400 tetap dalam layanan aktif.

Baca Juga:
Departemen Kehakiman AS Ikut Selidiki Aroma Suap Dalam Sewa Pesawat Bombardier Garuda Indonesia

WestJet Encore hanya mengoperasikan DHC Dash 8 Q400s, dengan pesawat yang terlibat dalam turbulensi membawa registrasi C-GWRE. Ini adalah salah satu pesawat terbaru maskapai ini, yang memasuki layanan lebih dari empat tahun lalu pada Maret 2018.

GWRE biasanya dapat ditemukan melakukan hop antara provinsi Kanada dan kadang-kadang ke tujuan terdekat untuk mengangkut penumpang yang maskapai utama membutuhkan kapasitas ekstra.

Lengan regional WestJet saat ini mengoperasikan 47 pesawat, semuanya kecuali dua yang aktif terbang sekarang. Mengingat permintaan perjalanan yang melonjak menjelang musim panas, kita dapat berharap untuk melihat semua Q400 maskapai di langit segera untuk membawa penumpang ke langit.

Turbulensi adalah masalah utama keamanan

Untuk pilot dan penumpang, turbulensi tetap menjadi masalah yang sulit untuk dihadapi. Sementara kru melakukan yang terbaik untuk keluar dari zona turbulen yang diketahui dan cuaca buruk, beberapa tidak mungkin diprediksi dan dapat menangkap mereka tanpa disadari.

Hal itu tampaknya menjadi kasus dengan WS-3613 juga, hanya dibuat lebih kompleks karena terkena saat turun. Inilah sebabnya mengapa yang terbaik adalah mengenakan sabuk pengaman Anda setiap saat kecuali ketika bangun untuk sesuatu yang khusus, karena kemungkinan besar inilah yang mencegah cedera di antara penumpang.

Tidak jelas bagaimana pilot membenturkan kepala mereka ke langit-langit meskipun mengenakan kedua sabuk pengaman yang diperlukan. Q400 memiliki ketinggian langit-langit 6'5" di kabin, tetapi ini kemungkinan berkurang di kokpit karena peralatan tambahan. Kami akan mengetahui lebih banyak setelah Dewan Keselamatan Transportasi Kanada menerbitkan laporannya dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber: simpleflying.com.