Hindari Kepadatan Pada Awal Pekan, KAI Commuter Imbau Manfaatkan Kondisi Akhir Pekan dan Gunakan KMT

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 14/Agu/2022 17:40 WIB
Penumpang KRL memasuki Stasiun Bekasi, Senin (11/7/2022). Penumpang KRL memasuki Stasiun Bekasi, Senin (11/7/2022).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter mengajak seluruh pengguna KRL untuk mempersiapkan perjalanannya sejak awal dan mengikuti aturan yang ada serta disiplin protokol kesehatan. 

Persiapan yang dapat dilakukan antara lain mengakses informasi dan jadwal melalui aplikasi KRL Access dan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT). 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"Persiapan dan perencanaan perjalanan penting terutama pada hari Senin esok mengingat awal pekan rutin menjadi hari dengan jumlah pengguna KRL paling banyak dibandingkan hari-hari lainnya," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Ahad (14/8/2022).

Dijelaskan pula, data jumlah penumpang. Sepanjang bulan Agustus ini, tercatat total rata-rata pengguna KRL Jabodetabek pada hari Senin sebesar 687.939 orang. Data tersebut lebih tinggi 33% dibanding rata-rata total pengguna pada hari libur akhir pekan yaitu sebesar 515.367 orang. Sementara itu, jumlah volume pengguna KRL terbanyak pada hari Senin 1 Agustus, dengan jumlah 693.105 orang dan jumlah volume pengguna KRL terendah pada Minggu, 7 Agustus lalu yaitu sejumlah 468.661 orang.

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Untuk menghindari kepadatan antrean di stasiun pada hari Senin sebagai awal masuk kerja usai libur akhir pekan, para pengguna dapat memanfaatkan kondisi KRL yang lebih lengang pada hari Minggu untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi wilayah aktivitas kerjanya.

Hingga pukul 14.00 WIB, hari ini Ahad (14/8) tercatat pengguna KRL yang naik sebanyak 205.177 orang, dengan jumlah pengguna KRL terbanyak pada lintas Bogor yaitu sebanyak 74.702 orang atau sebesar 35,63% dari total pengguna. Pergerakan pengguna KRL di pagi hari pada hari libur terkonsentrasi mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB sedangkan pada sore hari mulai pukul 15.00 – 17.00 WIB. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Sedangkan pergerakan pengguna KRL pada hari kerja masih terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan pada jam-jam sibuk sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB. Saat ini KAI Commuter tetap mengoperasikan perjalanan KRL sebanyak 1.081 tiap harinya mulai pukul 04.00 WIB – 24.00 WIB dengan sebanyak 95 rangkaian.

KAI Commuter juga mengajak, agar terhindar dari antrean pembelian tiket KRL di vending machine maupun di loket stasiun, selalu gunakan Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik bank, atau pembayaran lewat aplikasi QR Code. Selain untuk naik KRL, KMT juga dapat digunakan untuk membayar parkir di stasiun dan menggunakan KA Bandara serta sedang diuji coba untuk moda transportasi lain yaitu Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta. 

KAI Commuter juga mengimbau para pengguna KRL untuk menyesuaikan keberangkatannya dengan penyesuaian pola operasi jadwal-jadwal perjalanan KRL tersebut. Untuk dapat melihat seluruh jadwal dan informasi terkini serta kepadatan antrean di stasiun pengguna bisa mengakses aplikasi KRL Access.(fhm)