Polres Metro Bekasi Kota Cek Kesiapan Sarana dan Prasarana di Lokasi Rawan Banjir

  • Oleh : Bondan

Rabu, 12/Okt/2022 22:47 WIB
Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Kav Luluk Setyanto.M.P.M. Foto: istimewa. Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Kav Luluk Setyanto.M.P.M. Foto: istimewa.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Polres Metro Bekasi Kota dan 3 Pilar melaksanakan apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di Kota Bekasi yang dilaksanakan di halaman Plaza Pemkot Kota Bekasi jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Rabu (12/10/2022).

Apel Gelar Pasukan dengan pengambilan pimpinan apel oleh Plt Wali Kota Tri Adhianto dengan Komandan apel AKP Parwoto (Wakapolsek Bekasi Selatan) yang dihadiri Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Kav Luluk Setyanto.M.P.M, Wakapolres AKBP Rama Samtama Putra, Kepala BPBD Kota Bekasi Enung Nurkolis, Kasat Pol PP, Abi Huraira, Kepala Dishub Danang Ginanjar, Kepala Damkar Kota Bekasi Aceng Salahuddin, PJU Polres Metro Bekasi Kota, Para Kapolsek Jajaran Polres Metro Bekasi Kota, unsur Satker Pemkot Bekasi.

Baca Juga:
Coffe Morning Dandim 0507 Bersama Wartawan, Kapolrestro Bekasi Kota: Peran Media Sumber Informasi dan Edukasi Kepada Masyarakat

Peserta apel terdiri dari 500 Personel  dari Polres Metro Bekasi Kota, Kodim 0507/Bekasi, Satpol PP, Dishub Kota Bekasi, BPBD Kota Bekasi, PMI Kota Bekasi, Pokdarkamtibmas, Senkom, Linmas, dan relawan bencana alam.

Plt Wali Kota Tri Adhianto yang menjadi pimpinan apel, mengawali apel melakukan penyematan pita kepada 3 perwakilan dari Personel peserta upacara yakni dari Polri, TNI dan BPBD.

Baca Juga:
Jelang HUT ke-75 Polwan, Polres Metro Bekasi Kota Kunjungi Purnawirawan yang Sakit

Dalam amanatnya Plt Wali Kota Tri Adhianto mengatakan, gelar Pasukan ini dilakukan guna memeriksa kesiapan personel dan peralatan yang akan digunakan ketika terjadi bencana yang datang.

"Sebagai daerah yang rawan, semua unsur untuk dapat lebih waspada menghadapi potensi bencana. Personil dan peralatan harus siap membantu masyarakat terutama saat evakuasi dan penyelamatan korban," kata Tri Adhianto. 

Baca Juga:
Sinergitas Kapolda Metro Jaya, Temu Kangen Kor AA TNI-Polri Wong Kedu

Menurut dia, Kota Bekasi paling banyak daerah rawan bencana banjir, meskipun bencana alam tidak dapat diprediksi dan dapat terjadi kapan saja.

Sebagai pelindung, pengayom, dan pelayanan masyarakat harus mampu bergerak cepat, tepat, dan efisien apalagi sewaktu-waktu terjadi bencana.

"Ini langka nyata dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana saat memasuki musim penghujan seperti saat ini, karena dalam setiap tahunnya ada beberapa wilayah langganan banjir dan kita harus mengupayakan agar selalu waspada dan tanggap paling tidak meminimalisir adanya korban," tutupnya.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki mengatakan, apel gelar pasukan di Pemkot ini adalah sebagai wujud soliditas kolaborasi dari koordinasi kolaborasi Kota Bekasi, Polres Metro Bekasi kota, Kodim, seluruh Stakeholder yang ada baik Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, Batalyon, Tagana, Senkom, Pokdarkamtibmas sudah hadir baik kesiapan sumber daya manusianya maupun kesiapan sarana prasarananya.

"Ketika kita menghadapi seperti banjir atau yang bencana alam lainnya mungkin yang memungkinkan terjadi semua kita yang hadir apel ini sudah siap," kata Kapolres Kombes Pol Hengki kepada Media.

Hengki katakan tadi dalam apel juga dilakukan pengecekan kesiapan alat dan prasarana, Mungkin ada yang mati rusak diperbaiki, disiapkan mesinnya atau dicek termasuk koordinasi dalam hal komunikasi.

"Sehingga setiap pergerakan cepat untuk menuju sasarannyanya, penanganannya segera, semua anggota sudah siap turun," ucap Kapolres.

Kapolres katakan, Polres Metro Bekasi dengan stakeholder sudah memetakan lokasi - lokasi yang menjadi rawan terjadinya banjir di Kota Bekasi.

"Wilayah di Kota Bekasi sudah kita petakan titik lokasi banjir seperti 13 titik saluran yang dimungkinkan tersumbat jadi genangan air sudah kita antisipasi nantinya," lanjut Hengki.

"Semua sudah siap siaga dari Pemkot Bekasi, Polres, Kodim, Palang Merah Indonesia, Batalyon TNI, Linmas, Senkom, dapur umum, Ambulan sudah siap," pungkasnya. (Dan)