Jaga Keasrian Sekitar Pelabuhan, Pelindo Multi Terminal Gelar Aksi Tanam Pohon di Bagendang

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 30/Des/2022 16:51 WIB
Direktur Utama Pelindo Multi Terminal Drajat Sulistyo ikut serta dalam kegiatan  penanaman pohon, di area Pelabuhan Bagendang, Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah./foto:istimewa/SPMT Direktur Utama Pelindo Multi Terminal Drajat Sulistyo ikut serta dalam kegiatan penanaman pohon, di area Pelabuhan Bagendang, Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah./foto:istimewa/SPMT

KALTENG (BeritaTrans.com) - PT Pelindo Multi Terminal terus berupaya menjaga dan mewujudkan komitmen perseroan untuk tetap menjaga keasrian dan pelestarian lingkungan hidup di sekitar pelabuhan.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Segera Perbarui Alur Pelayaran Masuk Pelabuhan Tarakan

Salah satu wujud komitmen perseroan atas hal tersebut, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) melakukan aksi penanaman 100 pohon di area pelabuhan yang dikelola oleh perusahaan, di Pelabuhan Bagendang, Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Kamis (29/12).

Aksi penanaman 100 pohon ini dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama Pelindo Multi Terminal Drajat Sulistyo dengan penanaman pohon jenis pucuk merah di area Gate Out SPMT Branch Bagendang, dengan didampingi oleh Branch Manager Pelabuhan Bagendang Akhmad Fajar bersama para pekerja pelabuhan SPMT Branch Bagendang.

Baca Juga:
Rehabilitasi Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida Dianggarkan Tahun 2025

“Aksi tanam pohon ini merupakan bentuk komitmen PT Pelindo Multi Terminal dalam menjadikan area pelabuhan sebagai zona hijau yang ramah lingkungan,” tutur Drajat Sulistyo, Direktur Utama SPMT.

Sementara Branch Manager Bagendang, Akhmad Fajar menambahkan, dalam kegiatan penanaman pohon tersebut, semua pekerja aktif terlibat.

Baca Juga:
Dukung Kelancaran Selama Angleb, ASDP Bebaskan Pas Masuk Penumpang dan Sepeda Motor di Pelabuhan Jangkar

“Pekerja SPMT terlibat secara aktif dalam penanaman pohon ini sebagai bentuk kolaborasi dalam menghadirkan suasana pelabuhan sebagai tempat yang asri, bersih, dan nyaman untuk bekerja,” ujar Fajar.

Dikatakan Fajar, jenis bibit pohon yang ditanam di area pelabuhan antara lain adalah pohon pucuk merah, pohon kelengkeng, serta pohon mangga.

“Bibit pohon tersebut ditanam di tiga titik yaitu di area Gate In, area Gate Out, serta di area halaman depan Kantor SPMT Branch Bagendang,” tambah Fajar.

Farid Chairmawan, Vice President (VP) Corcomm SPMT menyampaikan penanaman pohon di Pelabuhan Bagendang ini merupakan bentuk komitmen pada kelestarian lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami yang tidak hanya pada kelancaran operasional, namun juga pada kelestarian lingkungan melalui penghijauan di wilayah pelabuhan dan sekitarnya.” tutup Farid.

Untuk diketahui, Pelindo Multi Terminal (SPMT) merupakan Sub-Holding PT Pelindo (Persero) yang fokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas/multipurpose. SPMT dalam kegiatan operasionalnya mengelola 10 Branch Terminal yang tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

SPMT saat ini juga mengelola 2 Anak Perusahaan, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) dan PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk. (IPCC) yang merupakan terminal kendaraan terbesar di ASEAN.(ahmad)