Tol Cisumdawu Seksi 4,5,6 Dibuka Fungsional Bagi Pemudik

  • Oleh : Bondan

Minggu, 16/Apr/2023 23:20 WIB
Ruas jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4, 5, dan 6 akhirnya dibuka fungsional untuk pemudik pada Minggu (16/4/2023) pagi. Foto: istimewa. Ruas jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4, 5, dan 6 akhirnya dibuka fungsional untuk pemudik pada Minggu (16/4/2023) pagi. Foto: istimewa.

SUMEDANG (BeritaTrans.com) -- Ruas jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4, 5, dan 6 akhirnya dibuka fungsional untuk pemudik pada Minggu (16/4/2023) pagi, dengan pengawalan Tim Sweeper Ditlantas Polda Jawa Barat dan Polres Sumedang.

Kendaraan pemudik dari arah Bandung pun masuk jalur fungsional Tol Cisumdawu menuju ke arah tol Cipali hingga Bandara Kertajati Majalengka.

Baca Juga:
Rencana Jalan Tol Baru, Bandung-Yogyakarta Bakal Tersambung

Pembukaan fungsional tol Cisumdawu dari seksi 4, 5, dan 6 dibuka langsung oleh kepolisian dari Ditlantas Polda Jabar, Polres Sumedang, dan CKJT sebagai pengelola ruas jalan tol Cisumdawu.

Dimulai dari kawasan Cimalaka Kabupaten Sumedang, satu persatu pengendara atau pemudik mulai memasuki area jalur fungsional tol Cisumdawu, dengan pengawalan dari Tim Sweeper kepolisian yang memastikan kondisi terkini jalur tol yang dibuka fungsional dua lajur arah Timur atau arah Majalengka dari Sumedang.

Baca Juga:
Diguncang Gempa, Terowongan Tol Cisumdawu Retak Apakah Masih Aman?

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jawa Barat, AKBP Rano Hadiyanto mengatakan, ruas jalan fungsional tol Cisumdawu secara resmi dibuka untuk pemudik.

“Jalur tol Cisumdawu khususnya jalur fungsional mulai pukul 08.00 WIB sampai nanti pukul 15.00 WIB akan difungsikan,” kata Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jabar.

Baca Juga:
Tol Cisumdawu Masih Gratis, Setelah Uji Coba Tarifnya Jadi Segini

Meski demikian, pihaknya mengimbau kepada pemudik untuk ekstra hari-hati, lantaran kondisi jalan tergolong belum rampung total serta adanya sejumlah titik pindah jalur di seksi 4 dan 5. Pemudik diimbau agar selalu memperhatikan arahan petugas dan rambu-rambu yang ada.

“Kepada pemudik yang hendak melalui tol Cisumdawu ini diimbau agar selalu hati-hati. Dikarenakan jalan ini merupakan hal yang baru agar tetap memperhatikan keselamatan dan kecepatan saat berkendara,” imbaunya.

Tol Cisumdawu sendiri, menghubungkan wilayah Cileunyi hingga tol Cipali dan Bandara Kertajati Majalengka melalui Sumedang, sepanjang 60 kilometer lebih.

Tol bertarif dari seksi 1 hingga seksi 3, sementara seksi 4 hingga sekai 6 dibuka fungsional gratis. (Dan)

Tags :