Menko PMK Apresiasi Policing Adjustment, Arus Balik Lebaran Aman Tersisa 30 Persen Kendaraan

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 28/Apr/2023 23:19 WIB
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Dr. Aan Suhanan (kiri) dan Menko PMK Muhadjir Effendy (kanan). Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Dr. Aan Suhanan (kiri) dan Menko PMK Muhadjir Effendy (kanan).

JAKARTA (BeritaTrans.com) -- Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy tinjau perkembangan situasi arus balik lebaran gelombang kedua melalui pusat kendali koordinasi komunikasi dan informasi ‘K3I’ Operasi Ketupat 2023 di Command Center PJR Korlantas Polri, Km 29 Ruas Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (28/4/2023).

Kedatangan Menko PMK disambut langsung Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Dr. Aan Suhanan. Setibanya di Command Center PJR Korlantas Polri, Menko PMK didampingi Dirgakkum langsung memantau arus melalui ruang pusat kendali K3I.

Baca Juga:
Kemenhub Pastikan Berantas Praktik Travel Gelap

“Gelombang kedua hari ini kelihatannya lancar-lancar saja. Pantauan dari pak Dirgakkum saat ini kira-kira tersisa tinggal 30 persen lebih sedikit,” ucap Menko PMK saat ditemui awak media.

Dari pantauan volume arus balik kendaraan yang tersisa 30 persen, Muhadjir meyakini arus balik lebaran akan berjalan aman dikarenakan sisa arus balik kendaraan 30 persen diasumsikan terbagi pada 3 hari kedepan, Sabtu-Minggu-Senin.

Baca Juga:
Kakorlantas Polri: Selama Angleb, Kecelakaan Lalin Turun 8%

Menyoal sudah dihentikannya pemberlakuan one way disisa arus balik kendaraan, Muhadjir justru mengapresiasi ‘Policing Adjustment‘ kebijakan penyesuaian kepolisian dilapangan dalam pemberlakuan rekayasa arus lalu lintas one way.

Lebih lanjut, Muhadjir menyebutkan besar kemungkinan tidak akan ada oneway dan hanya akan memberlakukan contraflow jika melihat kondisi arus lalu lintas seperti ini.

Baca Juga:
Antisipasi Puncak Arus Balik Tol Cikampek, Pemerintah Terapkan Rekayasa Lalin

“Saya kira sudah sangat bagus dalam melakukan ‘Policing Adjustment‘ kebijakan penyesuaian kepolisian di lapangan. Bisa jadi besok tidak ada oneway kalau kondisi seperti ini. Seandainya adapun hanya contraflow,” apresiasi Menko PMK. (Dan)