Ditjen Hubla Selenggarakan Bimtek Keprotokolan dan MC

  • Oleh : Naomy

Rabu, 03/Mei/2023 17:47 WIB
Bimtek Keprotokolan dan MC Ditjen Hubla Bimtek Keprotokolan dan MC Ditjen Hubla

BOGOR (BeritaTrans.com) -  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan Penyuluhan dan Pembinaan Keprotokolan MC di lingkungan  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun Anggaran 2023. 

Acara ini dibuka Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Lollan Panjaitan dan diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal  Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Baca Juga:
Rehabilitasi Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida Dianggarkan Tahun 2025

Lollan mengatakan, keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kepemerintahan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.

“Terkait dengan hal ini, saya menganggap penting penyelenggaraan kegiatan bimtek ini, mengingat pentingnya peran dan tugas di bidang keprotokolan dan Master of Ceremony (MC) agar suatu setiap acara dapat berjalan dengan baik dan lancar,”  kata Lollan di Bogor, Rabu (3/5/2023).

Baca Juga:
Ribuan Peserta Arus Balik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Tinggalkan Semarang ke Jakarta

Selain bidang keprotolan, kegiatan bidang MC, dalam sebuah acara resmi, juga dirasakan sangat penting, karena keberadaan seorang  MC berfungsi untuk mengatur jalannya acara yang telah ditentukan. 

Keberhasilan dan kelancaran sebuah acara sangat ditentukan oleh banyak faktor, dimana salah satunya adalah adanya peran seorang MC yang professional.

Baca Juga:
Sesditjen Hubla Tinjau Pelabuhan Muara Angke

“Tugas  seorang MC memegang kendali atas jalannya semua acara guna memberikan informasi atas tahapan-tahapan acara yang akan dilakukan sampe dengan selesainya acara” ujar Lollan.

Terkait dengan hal tersebut di atas, Sesditjen Lollan meminta agar seluruh pesertra dapat mengikuti kegiatan bimtek ini dengan sebaik-baiknya sampai selesai.

“Saya berharap apa yang telah diperoleh  dalam bimtek ini baik wawasan, pengetahuan dan pengembangan bakat di bidang keprotokolan dan MC dapat diterapkan di unit kerja masing-masing," ujarnya.

Pada kesempatgan yang sama, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan, Achmad Soemantri mengatakan kegiatan Penyuluhan dan Pembinaan Keprotokolan dan MC Tahun Anggaran 2023 diikuti oleh 30 orang peserta dan dilaksanakan mulai tanggal 2 Mei s/d 6 Mei 2023.

Menurutnya, Bimtek ini dilaksanakan secara atraktif dengan materi mencakup persiapan etika dan MC. 

Penguasaan panggung acara, olah vokal (artikulasi dan intonasi), redaksi MC dalam bahasa Inggris, praktek acara resmi I & II, praktik acara semi formal, evaluasi keahlian komunikasi verbal, teknik mengatasi hambatan internal dan eksternal, teori keprotokolan serta praktik keprotokolan. (omy)