Kepala BPSDMP: Lulusan Poktekpel Surabaya Harus Kreatif dan Inovatif

  • Oleh : Naomy

Rabu, 24/Mei/2023 20:27 WIB
Perwira lulusan Poltekpel Surabaya Perwira lulusan Poltekpel Surabaya

 

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Pengetahuan tentang pencegahan pencemaran lingkungan laut, praktik pengelolaan limbah, efisiensi energi, pengendalian polusi dan tata kelola yang baik dalam mengoperasikan kapal merupakan kompetensi yang penting dalam memastikan kegiatan pelayaran yang berkelanjutan dan melestarikan ekosistem laut. 

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono, saat mewisuda 88 Perwira Transportasi Laut  Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya ke-48 tahun 2023 di lapangan upacara kampus Poltekpel Surabaya,@ Rabu. (24/5/2023)

Sesuai dengan tema yang diusung pada Wisuda kali ini yaitu "Competent Seafarers are Committed to Protect The Marine Environment and Sustainable Shipping", sangat relevan dengan kondisi saat ini. 

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

"Melihat keadaan lingkungan maritim yang semakin rapuh dan perubahan iklim yang semakin signifikan, menjadi tanggung jawab kita untuk menjadi pelaut yang bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan laut," paparnya.

Dia mengajak para perwira untuk menjadikan tema hari ini sebagai komitmen pribadi dan profesional. Jadilah pelaut yang berkomitmen untuk melindungi lingkungan laut dan mewujudkan pelayaran yang berkelanjutan.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Dia menyampaikan, selain kompetensi tentang pencegahan pencemaran lingkungan laut, dibutuhkan juga komitmen yang kuat setiap bagi pelaut untuk benar-benar menerapkan pengetahuan tersebut dalam setiap tindakan dan keputusan.

"Kalian harus menjadi pelaut yang sadar lingkungan, mengutamakan praktik ramah lingkungan dalam segala aspek pekerjaan, dan secara aktif berkontribusi untuk melindungi dan memulihkan ekosistem laut yang terancam. Sambutlah tantangan yang ada dengan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan solusi-solusi yang ramah lingkungan", tegasnya.

Kepala BPSDMP menyampaikan selamat kepada para wisudawan beserta keluarga atas pencapaian saudara dalam menyelesaikan pendidikan program diploma III.

"Selamat kepada para wisudawan atas kesuksesan kalian hari ini. Semoga kalian semua dapat meraih keberhasilan yang lebih besar lagi di masa depan dan dapat menjadi inspirasi bagi generasi yang akan datang. Teruslah berjuang dan berkarya untuk bangsa dan negara Indonesia", tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada dalam laporannya menyampaikan, para Perwira Transportasi Laut angkatan 48 tahun 2023 yang diwisuda kali ini merupakan lulusan dari Program Diploma III Nautika sebanyak 31 orang.

Selanjutnya Program Diploma III Teknika sebanyak 40 orang, dan Program Diploma III Elektro Pelayaran sebanyak 17 orang. (omy)