Menteri Hadi Target Lebaran 2024 Tol Padang-Sicincin Bakal Beroperasi

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 21/Jun/2023 13:26 WIB
Ilustrasi pembangunan jalan tol. Ilustrasi pembangunan jalan tol.

PADANG (BeritaTrans.com) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto mengunjungi lokasi pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin. 

Dalam kunjungan itu Menteri Hadi menerima laporan proses pembangunan dari Hutama Karya selaku pihak yang melakukan pembangunan fisik tol. Ia pun sempat menyusuri jalan tol tersebut untuk meninjau dari progres pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin.

Baca Juga:
Jalan Tol Padang-Sicincin Ditargetkan Beroperasi Secara Fungsional Juli 2024

"Saat ini saya on the spot Tol Padang-Sicincin yang sepanjang 36,6 Kilometer. Untuk urusan Penlok (penetapan lokasi) satu dan dua sudah selesai, tidak ada masalah. Tinggal satu lagi untuk exit di daerah Lubuk Alung," kata Menteri Hadi Tjahjanto di lokasi pembangunan tol, Rabu (21/6/2023).

Menteri Hadi mengapresiasi seluruh pihak yang telah bergotong royong dalam merealisasikan pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin. Melihat progres pembangunan jalan, Menteri Hadi optimistis tol itu bisa segera beroperasi.

Baca Juga:
Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Masih Terhambat

Untuk tahapan selanjutnya, Menteri Hadi menerangkan, Kementerian ATR/BPN sedang menunggu penetapan lokasi dari pemerintah daerah. Apabila penlok sudah ditetapkan, barulah Kementerian ATR/BPN bisa melakukan pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol. 

"Pak Gubernur juga mendukung untuk segera mengeluarkan penlok dan Kementerian ATR/BPN juga akan mendukung untuk melakukan pengadaan tanah. Kita akan keroyok, dari Komisi II DPR RI mengawasi, kita bekerja, Pemda mengeluarkan penlok, PUPR bekerja siang malam. Insyaallah lebaran 2024 selesai," kata mantan Panglima TNI ini.

Baca Juga:
Pembebesan Lahan Jalan Tol Padang-Sicincin Tinggal Sedikit Lagi, Bisa Dilewati Pemudik Lebaran 2023?

Sebagai informasi, jalan tol yang ada di Sumatra Barat ini ditargetkan dapat menghubungkan sisi barat provinsi yakni kota Padang dengan batas timur provinsi Kabupaten Lima Puluh Kota yang kemudian terhubung hingga kota Pekanbaru, Riau.

Turut hadir pada kesempatan ini, Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus dan Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah. Mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kegiatan ini, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatra Barat, Sri Puspita Dewi beserta jajaran Foruk Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pemprov Sumatra Barat.