Penumpang Kereta Api Normal Jelang Usai Libur Sekolah

  • Oleh : Fahmi

Senin, 17/Jul/2023 10:09 WIB
Foto/dok.KAI Foto/dok.KAI

SOLO (BeritaTrans.com) - Jumlah penumpang yang naik kereta api jarak jauh melalui Stasiun Solobalapan normal jelang usainya libur sekolah atau tahun ajaran baru.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasi VI, di Solo, Jawa Tengah, Ahad mencatat tidak ada kenaikan jumlah penumpang selama beberapa hari terakhir. Pada Sabtu, 15 Juli, jumlah penumpang naik melalui stasiun tersebut sebanyak 2.954 orang.

Baca Juga:
Daop 1 Jakarta Sukses Berangkatkan Lebih 827 Ribu Penumpang KAJJ Selama Angkutan Lebaran 2024

Angka ini justru turun jika dibandingkan pada hari yang sama minggu sebelumnya, yakni 3.033 penumpang. Sedangkan sehari sebelumnya, yakni Jumat, 14 Juli, jumlah penumpang sebanyak 3.025 penumpang atau sedikit mengalami kenaikan dari hari yang sama minggu sebelumnya, yakni 3.016 penumpang.

Meski demikian, hingga saat ini KAI masih menambah frekuensi perjalanan kereta api, salah satunya KA Manahan relasi Solo-Jakarta.

Baca Juga:
Meningkat Lagi, 44 Ribu Penumpang KA Tiba di Daop 1 Jakarta

Kepala Daops VI Bambang Respationo mengatakan animo penumpang sejauh ini sangat baik.

"Animo penumpang luar biasa, seperti KA Manahan yang biasanya dijalankan di weekend, yakni Jumat, Sabtu, Minggu, ini full terus. Di masa liburan ini weekday kami jalankan," katanya lagi.

Baca Juga:
Masuki H2+8 Lebaran, Jumlah Penumpang Datang ke Jakarta Masih Tinggi

Bahkan jika permintaan terus tinggi, KAI akan melanjutkan operasional setiap hari.

Selain KA Manahan, kereta api lain yang juga terhitung baru dan memiliki tingkat keterisian cukup tinggi adalah KA Banyubiru relasi Solo-Semarang.

"KA Banyubiru tiap hari jalan dua kereta api dan itu penuh terus, 400-500 penumpang sekali jalan," katanya pula.

Bambang mengatakan melihat tingginya animo masyarakat, tidak menutup kemungkinan ke depan akan diusulkan ada semacam KA Prameks yang dulu melayani Solo-Yogyakarta.

"Ini dilanjutkan dari Semarang ke Solo maupun sebaliknya," kata Bambang.