Tingkatkan Sektor Maritim dan Mengelola Alur, Pelindo Jsa Maritim Kolaborasi dengan PT Bengkulu Mandiri

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 24/Agu/2023 11:19 WIB
foto:istimewa/SPJM/Pelindo foto:istimewa/SPJM/Pelindo

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM) bagian dari Pelindo Group bekerja sama dengan PT Bengkulu Mandiri untuk meningkatkan sektor maritim dengan mengelola Alur di Bengkulu dengan menandatangani Memorandum of Agreement (MoA).

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh kedua belah pihak, yaitu PT Pelindo Jasa Maritim yang diwakili oleh Direktur Utama Prasetyadi, dan PT Bengkulu Mandiri diwakili oleh Direktur Utama Saud El Hujjah.

Baca Juga:
Mantap, Pelindo Jasa Maritim Sediakan Bus Gratis untuk Angkut Pemudik yang Balik Ke Makassar

Dalam perjanjian tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk menandatangani dan melaksanakan Memorandum of Agreement (MoA) dalam ruang lingkup untuk mempersiapkan Pengelolaan Alur di Kepulauan Baai Bengkulu, Rabu (23/8/2023)

Lancarnya cargo atau arus barang melalui laut juga dapat dicapai dengan kedalaman alur pelayaran kapal yang memiliki kedalaman dan kelebaran alur yang mumpuni. Kepulauan Baai Bengkulu yang sarat potensi membutuhkan kedalaman alur pelayaran yang dapat mengoptimalkan jalannya transportasi untuk mendukung peningkatan volume cargo.

Baca Juga:
Kembali Pelindo Jasa Maritim Sandarkan MS Coral Geographer di Pelabuhan Makassar

Dengan kerjasama pengelolaan alur ini, potensi Kepulauan Baai Bengkulu dan pengalaman PT Pelindo Jasa Maritim Group diharapkan memberikan dampak positif bagi pengguna industri dan masyarakat di Bengkulu.

Kedalaman alur Kepulauan Baai Bengkulu saat ini adalah sedalam -3 s/d 4 m LWS dan melalui kerja sama pengelolaan alur pelayaran antara PT Pelindo Jasa Maritim dengan PT Bengkulu Mandiri melalui Perusahaan Patungan yang akan dibentuk diharapkan alur pelayaran menjadi lebih dalam dan lebar sehingga nantinya layanan di Hinterland Bengkulu memungkinkan untuk melayani kapal-kapal dengan bobot dan ukuran yang lebih besar.

Baca Juga:
Pelindo Jasa Maritim Bekali Life Skill Bagi Penyandang Disabilitas dan Teman Tuna Rungu

“Dengan pengalaman PT Pelindo Jasa Maritim Group di sektor pengerukan dan pengelolaan alur melalui anak Perusahaan SPJM Group diharapkan juga akan berpotensi untuk dieksplorasi dengan bisnis-bisnis lainnya dengan PT Bengkulu Mandiri seperti bisnis Port Utilities antara lain layanan air dan listrik di Pelabuhan,” Sebut Prasetyadi.

Penandatanganan MoA ini dapat menjadi langkah awal yang selanjutnya dapat diikuti dengan langkah langkah nyata untuk saling bekerjasama yang pada gilirannya dapat meningkatkan pertumbuhan yang positif bagi kedua belah pihak, para Stakeholder Bengkulu dan PT Pelindo melalui Pelindo Jasa Maritim.(ahmad)