Kepala BPSDMP: Lulusan Poltekbang Medan Dituntut Terus Asah Kreativitas dan Berinovasi

  • Oleh : Naomy

Rabu, 30/Agu/2023 14:26 WIB
Lulusan Poltekbang Medan Lulusan Poltekbang Medan

MEDAN (BeritaTrans.com) - Dukungan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas merupakan suatu keniscayaan, untuk itu wisudawan dituntut memiliki kelenturan, daya adaptasi yang tinggi sehingga mampu menghadapi perubahan, cepat menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan dengan terus mengasah kreativitas dan berinovasi. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono, saat memimpin jalannya Wisuda Upacara Wisuda Taruna Diploma III Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan, Selasa (29/8/2023).

Baca Juga:
Cadet Corner Poltekpel Banten Diresmikan, Terapkan Program Merdeka Belajar

Kebutuhan SDM tersebut ia mengungkapkan, merupakan tantangan dari kemajuan yang telah diraih, khususnya di sektor transportasi udara yang ditandai dengan peningkatan jumlah penumpang dan armada penerbangan yang cukup signifikan. 

Di lain sisi pembangunan dan pengembangan sejumlah prasarana transportasi udara telah mendorong bisnis penerbangan terus melaju seiring dengan tumbuhnya perekonomian nasional.

Baca Juga:
Capt. Wisnu Minta Pegawai BPSDMP Tingkatkan Semangat Kerja

“Tentunya hal ini menjadi tantangan bagi penyedia jasa penerbangan untuk senantiasa melakukan inovasi baru dalam rangka memberikan pelayanan prima. Oleh karenanya mari kita bangkitkan dunia penerbangan nasional yang saat ini sedang tumbuh kembali dari masa pemulihan pandemi yang cukup panjang,” ungkapnya.

Oleh karenanya, kepada para wisudawan, dia berpesan untuk terus menanamkan kebanggaan dalam hati untuk selalu melakukan hal yang terbaik, dan selalu memotivasi diri untuk berlomba-lomba menjadi insan transportasi yang selalu menjunjung tinggi nama bangsa, serta terus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk meningkatkan daya saing SDM Indonesia dengan negara lain.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar DPM Bidang Kepelautan Bagi Masyarakat Sumbar

“Jadilah seorang Petarung, seorang Pemenang yang senantiasa mencari solusi atas masalah-masalah yang ada. Jadilah orang yang tidak hanya merasa bisa melakukan dan menyelesaikan pekerjaan, namun juga seorang yang bisa merasakan, memiliki empati tinggi sehingga bisa memberi makna bagi masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu kepada para lulusan dia mengingatkan, Indonesia saat ini adalah satu negara besar yang menjadi salah satu tujuh besar raksasa ekonomi dunia, bersama-sama dengan Amerika, Cina, India, Jepang, Jerman, dan Rusia.

Di mana 22 tahun yang akan datang tahun 2045 saat Indonesia Emas 100 tahun kemerdekaan, banyak ahli yang memprediksi Indonesia akan menjadi negara besar, menjadi empat raksasa ekonomi dunia bersama dengan Cina, India, dan Amerika. 

“Artinya dalam 22 tahun ke depan kita akan mengalahkan Jepang, Jerman, dan Rusia. Itu bisa terjadi bila kita semua bekerja keras, dan kalian akan menjadi salah satu bagian penting dalam kelanjutan hal tersebut khususnya dalam rangka kita menjadi negara maju, saat ini kita tumbuh di atas 5% itu belum cukup, untuk bisa menjadi negara maju kita harus tumbuh di atas 7% artinya transportasi mengambil peranan penting agar kita tidak terjebak dalam middle income trap, saya yakin dengan kemampuan dan kompetensi kalian, kalian bisa mampu mengantarkan untuk menuju Indonesia Emas,” tambahnya.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Poltekbang Medan Sukarwoto mengungkapkan, 96 wisudawan kali ini telah dibekali dengan License, Rating, dan Sertifikat Kompetensi untuk dapat berkarir di Dunia Industri Transportasi.

Lulusan Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara Program Diploma III memeroleh Sertifikat License Personel Teknik Telekomunikasi Penerbangan dan Rating Bidang Navigasi, Lulusan Program Studi Lalu Lintas Udara Program Diploma III dengan 3 Sertifikat Kompetensi Aerodrome Control, Approach Control Procedural, Area Control Procedural, selanjutnya lulusan Program Studi Teknik Listrik Bandara Program Diploma III dengan 3 Sertifikat Kompetensi Genset Acos, ALS dan Transmisi Distribusi.

Bagi lulusan Program Studi Teknik Perawatan Pesawat Udara Program Diploma III dengan 3 Basic Sertificate Aircraft Mantainance Category C1 (Navigation Communication), C2 (Instrument) dan C4 (Electrical).

“Mereka semua telah melaksanakan Pendidikan dilaksanakan dalam enam semester dengan Jenis Kegiatan pembelajaran meliputi Pembelajaran Teori, Praktek Laboratorium dan kegiatan On The Job Training/ Magang Industri,” pungkasnya. (omy)