Diklat Madatukar Ditutup, Kepala BPSDMP: Fokus Melaju untuk Transportasi Maju

  • Oleh : Naomy

Minggu, 24/Sep/2023 10:35 WIB
Peserta Madatukarr di Ciwidey Peserta Madatukarr di Ciwidey

BANDUNG (BeritaTrans.com) - Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) Calon Taruna/i Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan Tahun 2023 ditutup di Balai Pendidikan Pelatihan Pembangunan Karakter SDM Transportasi (BP3KSDMT), Kamis (21/9/2023).

Badan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Transportasi yang siap dan mampu berinovasi, sehingga dapat ikut andil dalam meraih Indonesia emas 2045 and beyond. 

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono menyampaikan bahwa dalam menjalankan fungsinya, BPSDMP tentu saja harus mampu beradaptasi dan berinovasi terutama terkait dengan metoda pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan salah satunya dengan melaksanakan Madatukar ini.

"Kegiatan madatukar hanyalah sebagian kecil proses pembangunan SDM berkompeten untuk penyelenggaraan transportasi dan kalian dipersiapkan untuk memasuki kampus masing-masing, kalian akan ditempa dengan ilmu yang lebih luas lagi dan saya yakin kalian akan menghasilkan karya yang luar biasa di bidang transportasi," urai Djoko.

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDMP ini memiliki kekhasan tersendiri, selain untuk membentuk dan menumbuhkan kompetensi teknis, seluruh Perguruan Tinggi Kemenhub juga harus melaksanakan kegiatan pengasuhan.

Tujuannya untuk membangun karakter, sehingga para Taruna/i memiliki soft kompetensi yang akan berguna pada saat kegiatan pendidikan di kampus dan pada saat menyelesaikan pendidikan nantinya.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

"Sejak kalian masuk di kampus ini kalian sudah hidup dalam nuansa pengabdian, dan bekerja di bidang transportasi adalah suatu kehormatan. tugas melayani siapa saja yang menggunakan transportasi agar selamat sampai tujuan, bahkan sebagai Taruna/i nanti kalian akan ditugaskan di lapangan untuk membantu jalannya transportasi yang aman, lancar, tertib dan nyaman," tuturnya.

Dia berharap calon Taruna/i pola pembibitan Kemenhub akan lebih siap menghadapi perubahan-perubahan pada saat masa pendidikan nantinya serta menciptakan generasi-generasi tangguh yang mampu melewati segala jenis tantangan untuk terus memajukan transportasi.

"Oleh karena itu, selepas dari kegiatan Madatukar ini kita akan melihat secara detail setiap individu perbaikan dan persiapan kalian nanti di kampus sampai dengan penempatan karena kalian akan menjadi inti dari penyelenggaraan transportasi dan menjadi regulator, dan kalian akan disebar di berbagai wilayah Indonesia yang tentunya diharapkan untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang transportasi serta fokus melaju untuk transportasi maju," harapnya.

Djoko mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya untuk para Fasilitator, Pelatih dan Kodiklat TNI AD serta para tim pendukung lainnya yang telah mempersiapkan segalanya.

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada pelatih yang selama 11 hari ini membentuk kalian, jadikan ini sebagai modal kalian dalam berprestasi, dan saya juga sangat berterimakasih kepada Kodiklat TNI AD serta para tim pendukung yang telah mendukung kegiatan ini," tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BP3KSDMT Sindu Rahayu melaporkan bahwa Madatukar Calon Taruna/i Pola Pembibitan Kementerian Perhubungan Tahun 2023 telah dilaksanakan selama 11 hari, 11 September sampai dengan 21 September 2023 di BP3KSDMT Ciwidey dengan jumlah 1.299 orang peserta.

Salah satu rangkaian kegiatan Madatukar berhasil mendapatkan Penghargaan Rekor Muri pada kategori Tari Kreasi Paduan Unsur Tari Nusantara oleh Taruna/i dengan jumlah terbanyak. (omy)