Di Perairan Bojonegara, PLP Tanjung Priok Beri Penyuluhan Penegakkan Hukum Kepada ABK Kapal Patroli KPLP

  • Oleh : Ahmad

Senin, 04/Des/2023 11:30 WIB
Foto:istimewa/Pangkalan PLP Tanjung Priok Foto:istimewa/Pangkalan PLP Tanjung Priok

JAKARTA BeritaTrans.com) - Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok, Selenggarakan penyuluhan penegakan hukum dan & wasmatlitrik kepada ABK kapal patroli KPLP di perairan Bojonegara Banten.* 

Baca Juga:
Direktur KPLP: Pemeriksa Kecelakaan Kapal Harus Kuasai Regulasi Nasional dan Internasional

Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Selenggarakan kegiatan penyuluhan penegakan hukum dan & wasmatlitrik kepada ABK kapal patroli KPLP di perairan Bojonegara Banten serta persiapan Operasi Nataru 2023 yang di hadiri langsung oleh Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tg.Priok, Triono, di dampingi Kasi Operasi, Aswin, S.Sos, M.M serta para personil penyidik PPNS.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 30 November hingga 2 Desember 2023 yang di ikuti para Nakhoda serta seluruh ABK Kapal Patroli KPLP yang berada di wilayah penugasan perairan Bojonegara Banten.

Baca Juga:
Kemenhub Gandeng US Coast Guard Verifikasi Penerapan ISPS Code di Pelabuhan

Baca Juga:
Lima Kepala Pangkalan PLP se-Indonesia Latihan Ketangkasan Menembak di Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Priok

Dalam kesempatan tersebut, Triono, juga melakukan kunjungan langsung ke berbagai kapal masyarakat nelayan yang sedang berlabuh maupun beroperasi di perairan Bojonegara Banten guna memastikan kesiapan menghadapi kemungkinan terjadinya musibah di laut dalam masa menghadapi musim Nataru dan perubahan cuaca buruk. Dalam kunjungan tersebut di dampingi oleh team, dengan melakukan dan meninjau kondisi mesin, peralatan keselamatan, hingga kesiapan awak kapal dalam mengantisipasi cuaca ekstrem.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ABK kapal Negara patroli dan nelayan terkait penegakan hukum di perairan serta memberikan edukasi mengenai peraturan dan perundang-undangan hukum maritim yang berlaku. Selain itu, dalam rangka meningkatkan keselamatan pelayaran, dilakukan pembagian life jacket kepada para nelayan di perairan Bojonegara.

Pada kesempatan ini, tim Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) memberikan penyuluhan dan edukasi mengenai pengawasan, pengamatan, penelitian, dan pemeriksaan di perairan, sesuai dengan aturan yang berlaku. Seluruh peserta, termasuk ABK kapal Negara patroli dan nelayan, diajak untuk memahami pentingnya kepatuhan terhadap regulasi guna menjaga keamanan dan ketertiban di perairan.

Triono, menyampaikan, "Pangkalan penjagaan laut dan pantai dalam hal ini melibatkan seluruh ABK pangkalan PPLP dan beberapa nelayan yang beroperasi di perairan Bojonegara agar mengetahui dan memahami apa itu peraturan dan perundang-undangan mengenai hukum maritim. Kolaborasi erat antara instansi terkait dan pelaku industri maritim menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga keamanan perairan kita."

Pembagian life jacket tidak hanya sebagai langkah preventif, tetapi juga sebagai bentuk perhatian terhadap keselamatan para nelayan yang menjadi garda terdepan di laut. Kesadaran akan pentingnya kepatuhan terhadap regulasi hukum maritim diharapkan dapat membantu menciptakan perairan yang aman dan berkelanjutan. Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan serupa guna menciptakan lingkungan maritim yang aman, selamat dan menjaga lingkungan maritim.(ahmad)