Penerbangan Pelita Air Sempat Tertunda Dampak Candaan Bom, Ditjen Hubud Buka Suara

  • Oleh : Naomy

Kamis, 07/Des/2023 06:05 WIB
Armada Pelita Air Armada Pelita Air

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penerbangan dengan maskapai Pelita Air rute Surabaya melalui Bandara Juanda menuju Jakarta lewat Bandara Soekarno-Hatta  dengan armada A320 PK-PWD dengan nomor penerbangan IP 205 sempat tertunda. 

Baca Juga:
Ditjen Hubud Kawal Keselamatan Penerbangan di Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo

Hal itu dampak kejadian penumpang yang melakukan “Bomb Joke” atau Bercanda Bomm, sehingga mengakibatkan penerbangan mengalami keterlambatan. 

Menindaklanjuti laporan tersebut, pesawat diarahkan ke isolated parking area, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas gabungan Bandara Juanda. 

Baca Juga:
Ditjen Hubud-ICAO Diskusi Implementasi PBN di Indonesia

Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan ancaman dimaksud. 

Penumpang yang bersangkutan telah diamankan dan dibawa oleh POM Lanudal Juanda untuk diproses sesuai aturan yang berlaku.  

Baca Juga:
Kemenhub Bersama Kementerian ESDM Uji Terbang Pesawat Garuda dengan Bahan Bakar Campuran Bioavtur

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyesalkan atas kejadian tersebut. 

Kabag Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Mokhamad Khusnu meminta kepada masyarakat pengguna jasa transportasi udara agar tidak melakukan candaan tentang bom yang mengakibatkan kerugian bagi semua pihak.

"Sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan bahwa Setiap orang yang menyampaikan informasi palsu yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan dapat dijerat dengan hukuman pidana," tegas Khusnu. 

Alhamdulillah atas kejadian tersebut, tidak terjadi gangguan operasional penerbangan dan masih berjalan dengan normal. (omy)