Pelindo Kembali Raih Predikat BUMN Informatif

  • Oleh : Naomy

Rabu, 20/Des/2023 05:36 WIB
Wadirut Pelni saat penerima penghargaan dari KIP Wadirut Pelni saat penerima penghargaan dari KIP

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo kembali raih predikat BUMN Informatif dan sabet penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2023.

Penerapan tata kelola informasi yang terbuka dan transparan sejalan dengan aspek ESG kembali mendapat pengakuan.

Baca Juga:
SPMT Siapkan Masa Depan Melalui Pelindo Youth Community

Kualifikasi "Informatif" merupakan status penghargaan terbaik bagi badan publik. Adapun klasifikasi lainnya yaitu "Menuju Informatif", "Cukup Informatif", "Kurang Informatif", dan "Tidak Informatif". 

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Donny Yoesgiantoro di hadapan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin kepada Wakil Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Hambra di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (19/12/2023). 

Baca Juga:
SPMT Edukasi Penggunaan APAR pada 200 Siswa SMK di Belawan

Donny menyampaikan dalam laporannya bahwa Monev KIP bertujuan untuk mengetahui implementasi UU No 14 tahun 2008 tentang KIP pada Badan Publik.

"Hasil monev bukan hanya ajang kontestasi tetapi harus kita maknai sebagai tolak ukur inovasi keterbukaan informasi di Indonesia, " jelasnya. 

Baca Juga:
Meriahkan HPN 2024, SPMT Group Gelar Kompetisi Karya Tulis dan Foto Jurnalistik

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menyambut baik dan mengapresiasi KIP yang telah menyelenggarakan acara ini yang sekaligus menunjukkan peran pentingnya dalam mengawasi dan mengevaluasi capaian keterbukaan informasi badan publik pemerintah maupun nonpemerintah.  
“Keterbukaan informasi publik adalah unsur esensial dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus penentu keberhasilan program reformasi birokrasi. Saya juga memiliki keyakinan bahwa transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi. Pencapaian hari ini hendaknya menjadi pendorong dan penyemangat bagi kita untuk terus berbenah,” urai Ma’ruf.  

Wakil Direktur Utama Pelindo, Hambra, mengucapkan terima kasih kepada Komisi Informasi Pusat atas predikat Badan Publik Informatif kepada Pelindo selama dua tahun berturut-turut.

Apresiasi ini sebagai wujud komitmen Pelindo dalam mengelola keterbukaan informasi publik serta Good Corporate Governance. 

Keterbukaan Informasi Publik secara terbuka atau transparan dijamin oleh negara berdasarkan Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 tahun 2008.

Masyarakat pun dapat memperoleh data-data sesuai kebutuhan yang bersumber dari badan publik termasuk Pelindo dengan berpijak pada aturan yang berlaku.

"Penghargaan yang Pelindo terima ini tidak lantas membuat kami terlena. Pelindo berkomitmen akan terus memberikan layanan keterbukaan informasi yang inklusif agar semua kalangan dapat memperoleh informasi, termasuk penyandang disabilitas," tutur Hambra. 

Pemohon informasi juga merasakan manfaat langsung dari Pelayanan KIP Pelindo.

"Kami menerima pelayanan terbaik dari Pelindo dalam merespon kebutuhan informasi tentang arus barang dan pelayanan kapal di Pelabuhan yang ada di Indonesia," ucap Ratna Soelistyowati, salah satu pemohon informasi. (omy)