BPSDMP Pastikan Kelancaran Tahapan Sipencatar

  • Oleh : Naomy

Minggu, 09/Mei/2021 19:21 WIB
Zulfikri dan M. Yugihartiman Zulfikri dan M. Yugihartiman


JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sukseskan pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Tahun 2021, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) gelar Rapat Koordinasi (RAKOR) internal secara virtual dengan seluruh Unit Kerja di lingkungan BPSDMP, Kementerian Perhubungan. 

Rapat Koordinasi di lingkungan BPSDM Perhubungan diselenggarakan sejak Jumat (7/5/2021) dan dibuka Pelaksana Tugas Kepala BPSDMP Zulfikri. 

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Salah satu agenda utamanya adalah membahas hasil seleksi administrasi SIPENCATAR Tahun 2021 dan persiapan pelaksanaan tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

"Tahun ini terdapat 43.529 pendaftar yang telah lulus verifikasi dan memenuhi syarat pada seleksi administrasi SIPENCATAR Tahun 2021," ungkapnya, Ahad (9/7/2021).

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

Zulfikri menjelaskan bahwa jumlah pendaftar yang lulus tahap seleksi adminstrasi ini 77% dari jumlah keseluruhan pendaftar SIPENCATAR Tahun 2021, yaitu 56.706 peserta yang telah memilih sekolah kedinasan di lingkungan BPSDMP. 

"Leader pelaksanaan SKD adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes ini berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan BPSDMP mendukung penuh tahapan seleksi ini," ungkap dia.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Adapun rencana tahapan SKD sekolah kedinasan di lingkungan Kementerian Perhubungan akan dilaksanakan di 40 lokasi baik di Kantor Regional dan UPT BKN, maupun di lokasi mandiri Perguruan Tinggi lingkungan BPSDMP yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Zulfikri mengingatkan seluruh Perguruan Tinggi untuk melaksanakan tahapan seleksi dengan baik serta tetap menerapkan protokol kesehatan baik yang dilaksanakan secara mandiri di kampus masing masing ataupun yang diselenggarakan bekerjasama dengan Kantor BKN di masing-masing daerah.

"Semoga pelaksanaan tahapan seleksi SKD ini berjalan lancar agar kita mampu menjaring putra putri terbaik bangsa  untuk bergabung menjadi taruna/i transportasi," ujarnya.

Senada dengan Kepala BPSDMP, Sekretaris BPSDMP, M. Yugihartiman menekankan kepada 21 Perguruan Tinggi di lingkungan Kemenhub yang menyelenggarakan SIPENCATAR tahun ini agar memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta seleksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

“Masing-masing Perguruan Tinggi yang akan menyelenggarakan SKD ini harus dapat memastikan tersedianya perangkat yang dibutuhkan dalam pelaksanaan seleksi, seperti jumlah dan rekomendasi PC sebagaimana telah dijelaskan dalam peraturan BKN No.2 Tahun 2021," katanya.

Tidak hanya itu, Yugihartiman juga mengingatkan kepada seluruh Perguruan Tinggi dan panitia bahwa pelaksanaan tahapan SKD ini harus dilakukan dengan baik, dan mematuhi prosedur pelaksanaan CAT BKN yang telah ditetapkan, sehingga tidak terjadi kecurangan. 

“Pastikan tidak ada kecurangan dalam proses seleksi dan lakukan imbauan kepada seluruh peserta agar tidak mempercayai calo atau siapapun yang menjanjikan dapat lulus dalam tahapan seleksi. Selain biaya yang resmi, tidak ada tambahan biaya lainnya," imbuhnya.

Selain membahas hasil seleksi administrasi dan Persiapan SKD Sipencatar tahun 2021, dalam Rakor BPSDMP ini juga dibahas terkait persiapan Taruna On Campus, Standar Biaya Masukan Lainnya di lingkungan BPSDMP, Grand Design Pengembangan Jabatan Fungsional Dosen dan Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta Beasiswa S2 Double Degree Kemenhub. (omy)