Polisi Bakal Tindak Tegas Pelajar Konvoi Kelulusan di Karanganyar

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 05/Mei/2023 20:57 WIB
Ilustrasi konvoi pelajar. Foto: istimewa. Ilustrasi konvoi pelajar. Foto: istimewa.

KARANGANYAR (BeritaTrans.com) --  Jelang pengumuman kelulusan siswa SMA/SMK sederajat, Satlantas Polres Karanganyar intensif mendatangi sekolah-sekolah untuk mengantisipasi adanya aksi konvoi para pelajar tersebut.

Sesuai rencana, pengumuman kelulusan siswa SMA/SMK sederajat akan dilakukan Jumat (5/5/2023) ini dimulai pukul 14.30 WIB. Pengumuman dilakukan secara daring sesuai jadwal masing-masing.

Baca Juga:
Peduli Keselamatan Bersama, Kasatlantas Polres Purbalingga Imbau Masyarakat Disiplin Berlalulintas

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Aliet Alphard, bakal membubarkan gerombolan siswa yang masih nekat menggelar aksi konvoi kelulusan. Pihaknya telah menyosialisasikan melalui media sosial hingga mendatangi sekolah-sekolah supaya siswa tidak menggelar konvoi kelulusan. Selain itu, siswa juga dilarang melakukan coret-coret seragam.

“Kalau temukan aksi konvoi akan langsung kita bubarkan. Kami ingin mereka memanfaatkan momen kelulusan dengan kegiatan yang positif,” ucapnya.

Baca Juga:
Satlantas Polres Tegal Catat Pelanggaran Lalu Lintas Didominasi Roda Dua Selama Bulan Ramadhan

Upaya preventif dilakukan apabila masih ada siswa yang kedapatan menggelar aksi konvoi di jalanan. Apabila hanya konvoi biasa akan langsung dibubarkan oleh anggota patroli. Sedangkan apabila ada siswa yang kedapatan membawa benda-benda berbahaya akan dilakukan pembinaan secara langsung.

“Kami minta mereka pulang kalau memang ditemukan ada yang konvoi,” katanya.

Baca Juga:
Satlantas Polres Metro Bekasi Kota Jawab Keluhan Warga Soal Pelayanan SIM dan SKCK

Satlantas telah berkoordinasi dengan jajaran Polsek di masing-masing wilayah. Aparat kepolisian memonitoring wilayahnya masing-masing guna mengantisipasi aksi konvoi kelulusan. Polisi juga akan disiagakan di lokasi rawan seperti kawasan wisata.

“Kita akan tertibkan juga yang menggunakan knalpot brong,” ujarnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jateng, Sunarno, menambahkan pihaknya telah mengeluarkan surat edaran ke masing-masing sekolah supaya jangan ada konvoi kelulusan. Di wilayah Kabupaten Karanganyar ada 20 sekolah SMA/SMK negeri dan sejumlah sekolah swasta. (Dan)