Kepala BPSDMP: Lulusan Poktekpel Sumbar Harus Menjadi Agent of Change

  • Oleh : Naomy

Rabu, 16/Agu/2023 20:56 WIB
Wisudawan Poltekpel Sumbar saat bertemu orang tua usai pelantikan Wisudawan Poltekpel Sumbar saat bertemu orang tua usai pelantikan


PADANG PARIAMAN (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) kembali mewisuda 111 Perwira Transportasi, kali ini para lulusan berasal dari Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat. 

Wisuda dipimpin Kepala BPSDMP Djoko Sasono, di kampus Poltekpel Sumatera Barat, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga:
Cadet Corner Poltekpel Banten Diresmikan, Terapkan Program Merdeka Belajar

Wisuda kali ini mengambil tema “Success does not belong to the Smartest person, but to those who always Strive”. 

"Tema ini merefleksikan bahwa kesuksesan tidak tergantung pada latar belakang keluarga, tetapi sangat tergantung pada usaha untuk meraih kesuksesan tersebut," ungkap Djoko.

Baca Juga:
Capt. Wisnu Minta Pegawai BPSDMP Tingkatkan Semangat Kerja

Hal ini seperti yang dikemukakan Teknokrat dan seorang ilmuwan, Prof. B.J Habibie dalam kutipannya, Kesuksesan itu bukan milik orang pintar akan tetapi kesuksesan milik orang yang selalu berusaha.

Menurutnya, disiplin, bekerja keras untuk berubah, belajar keras, belajar cerdas, belajar tuntas dan belajar ikhlas merupakan kunci penting dalam meraih kesuksesan.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar DPM Bidang Kepelautan Bagi Masyarakat Sumbar

"Saudara yang berdiri di depan saya pada hari ini merupakan generasi penerus bangsa yang menjadi agent of change yang memiliki positive thinking, positive feeling, positive speaking dan positive acting. Anak muda yang berkualitas itu harus memiliki kemampuan untuk selalu bersyukur, memiliki kemampuan manajemen diri dan waktu yang baik, serta memiliki passion," paparnya.

Pada akhir sambutannya di berpesan kepada para wisudawan untuk terus meningkatkan knowledge, skill, attitude serta softskill agar mampu dan siap menghadapi perubahan dan inovasi teknologi yang sangat cepat.

"Tanamkan dalam diri saudara untuk tidak mudah berpuas diri dengan gelar yang diraih. Sebab perjuangan sebenarnya baru dimulai. Hari ini hanyalah kunci pembuka peluang masa depan, tapi segala usaha dan tekad sepenuh hati dan jiwalah yang akan membawa kesuksesan kepada saudara," pesannya

Direktur Poltekpel Sumatera Barat, H. Irwan, mengungkapkan bahwa 111 wisudawan yang mengikuti Pelantikan Perwira Transportasi periode IV Agustus 2023 kali ini berasal dari Program Pendidikan DIII Studi Nautika sebanyak 29 wisudawan, DIII Teknologi Nautika sebanyak 22 wisudawan, dan D IV Transportasi Laut sebanyak 60 wisudawan.

"Melalui wisuda kali ini diharapkan para lulusan menjadi perwira transportasi matra laut yang siap mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara, menjadi perwujudan perekat Bangsa," ujarnya.

Selain itu, memiliki semangat nasionalisme, cinta kepada tanah air dan kebanggaan terhadap korps perwira transportasi yang prima, professional, beretika. (omy)