Capres Anies Baswedan Janjikan Aktifkan Lagi Jalur Kereta Api di Sumbar

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 04/Janu/2024 11:56 WIB
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan saat berbicara di acara Desak Anies yang digelar di Sumatera Barat dan disiarkan secara daring pada Rabu (3/1/2024).(Dok. Tangkapan layar akun YouTube resmi Anies Baswedan) Capres nomor urut 1, Anies Baswedan saat berbicara di acara Desak Anies yang digelar di Sumatera Barat dan disiarkan secara daring pada Rabu (3/1/2024).(Dok. Tangkapan layar akun YouTube resmi Anies Baswedan)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Anies Rasyid Baswedan yang merupakan calon presiden (capres) nomor urut 1, menjanjikan reaktivasi sejumlah jalur kereta api di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), apabila terpilih pada Pemilihan Presiden (Pilres) 2024.

"Provinsi Sumbar ini salah satu provinsi yang sudah lama memiliki jaringan kereta api. Namun, ada beberapa jalur yang sudah tidak aktif lagi dan perlu direaktivasi," kata Anies Baswedan di Kabupaten Tanah Datar, dikutip dari Antara Rabu (4/1/2024).

Baca Juga:
Proyek Pembangunan MRT Harmoni-Mangga Besar Dimulai

Menurut eks Gubernur DKI Jakarta tersebut, kereta api bisa menjadi salah satu moda transportasi umum yang dapat menjangkau banyak kabupaten dan kota, hemat, efisien, aman dan efektif.

Reaktivasi tersebut dinilai penting mengingat beberapa kabupaten dan kota di Sumbar secara geografis cukup jauh dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan merupakan gerbang utama pintu masuk lewat udara.

Baca Juga:
Gubernur Anies Undang Investor dari Uni Emirat Arab untuk Kembangkan MRT dan LRT

Dengan reaktivasi tersebut, eks Rektor Universitas Paramadina tersebut menyakini kemacetan dan jarak tempuh dapat diminimalisir lewat moda transportasi massal.

Selain mempermudah masyarakat, reaktivasi jalur kereta api juga akan mendukung dan menggeliatkan sektor pariwisata yang secara otomatis berdampak pada aspek perekonomian.

Baca Juga:
Cek Stasiun Cikini, Anies Temukan Banyak Warga Mau Ngantor Saat PPKM Darurat

"Pengguna kereta api akan menikmati langsung bentangan alam Sumbar yang indah. Apalagi, beberapa titik juga melewati terowongan dan ngarai," ujar Anies 

Anies optimistis cita-cita tersebut dapat terwujud mengingat di barisan Timnas AMIN juga diisi oleh eks Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan.

Untuk diketahui, pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN mengusung visi "Indonesia Adil Makmur untuk Semua". Misi pasangan calon nomor urut 2 tersebut yakni mengentaskan kemiskinan dengan memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja.

Selain itu, AMIN ingin memastikan ketersediaan kebutuhan pokok dan biaya hidup murah; mewujudkan keadilan ekologis berkelanjutan untuk generasi mendatang; membangun kota dan desa berbasis kawasan manusiawi, berkeadilan, dan saling memajukan; serta mewujudkan manusia Indonesia sehat, cerdas, produktif, berakhlak, dan berbudaya.

Kemudian, mewujudkan keluarga sejahtera dan bahagia; memperkuat sistem pertahanan dan keamanan negara dan meningkatkan kepemimpinan di tingkat global; memulihkan kualitas demokrasi, menegakkan hukum, dan hak asasi manusia; hingga memberantas korupsi dan menyelenggarakan pemerintah yang berpihak pada rakyat.(fhm)